Dorong Jurnalisme Berkualitas, Menteri BUMN Resmikan Antara Heritage Center

ANP • Tuesday, 14 May 2024 - 13:28 WIB

JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi meresmikan kompleks Antara Heritage Center (AHC) di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2024). Kantor Redaksi Baru Antara ini digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata sejarah dan jurnalisme.

"Saya ucapkan selamat atas rampungnya pembangunan Antara Heritage Center sekaligus akan menjadi tempat kerja baru bagi teman-teman kantor berita Antara," ujar Erick saat membacakan sambutan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Erick menyampaikan, Antara sebagai bagian penting ekosistem pers memiliki tanggung jawab besar untuk terus beradaptasi dengan perkembangan industri pers yang semakin maju. Erick menyebut salah satu tantangan industri pers masa kini adalah pentingnya menjaga ketepatan informasi sekaligus menjaga kualitas informasi agar tepat dan akurat, bahkan harus mampu meluruskan informasi yang keliru.

"Jangan sampai Kantor Berita Antara justru malah tertinggal dan menjadi sejarah," ucap Erick. 
Jokowi, lanjut Erick, berpesan media jangan menjadi alat pemecah belah bangsa, tetapi justru menjadi sebuah koreksi sistem yang sehat dengan tidak memberikan informasi yang keliru. 

"Diharapkan media tetap berperan sebagai check and balance untuk memberikan pemberitaan yang baik dan masyarakat bisa belajar daripada kebebasan pers yang ada di Indonesia sebagai negara demokrasi," kata Erick. 

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan bangunan Heritage Antara merupakan warisan sejarah lantaran sudah berdiri sejak 1937. Budi mengatakan heritage ini jangan hanya sekadar sejarah, namun dapat menjadi pendorong dalam meningkatkan industri media dalam negeri. 

"Karena ekosistem digital ini kan berkembang pesat dan saya yakin Antara bisa beradaptasi terhadap semua perkembangan yang terjadi," ucap Budi.