Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

ANP • Saturday, 27 Apr 2024 - 13:11 WIB

KLUNGKUNG -  Pemkab Klungkung melalui Dinas Pariwisata, kembali menggelar Festival Semarapura. Festival Semarapura ke-6 ini akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. Festival Semarapura berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 28 April 2024 sampai tanggal 1 Mei 2024 di depan monumen Ida Dewa Agung Jambe.

"Festival Semarapura ke-6 ini merupakan promosi pariwisata untuk kenalkan potensi wisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Klungkung. Biasanya wisatawan ke Nusa Penida untuk melihat keindahan alam, sekarang kami fokus menonjolkan ekonomi kreatif dan budaya," ujar Penjabat Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika, saat menjumpai wartawan, Jumat Malam (26/4/24).

Semarapura Festival dan Nusa Penida Festival berhasil terpilih masuk kalender event nasional, sehingga akan dipromosikam secara berkesinambungan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan promosi tersebut Semarpaura Festival menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Kabupaten Klungkung.

“Festival ini akan dibuka oleh Bapak Sandiaga Uno selaku Menparekraf dan Bapak Sang Made Mahendra Jaya selaku Pj. Gubernur Bali. Tamu VIP akan duduk dipanggung dan disambut dengan Tari Pendet. Usai pengguntingan pita nantinya dilanjutkan meninjau stand UMKM. Festival ini akan diawali dengan demo memasak masakan khas kerajaan Klungkung, demontrasi pembuatan kris, lomba melukis Wayang Kamasan, nyurat lontar, dan berbagai atraksi budaya lainnya,” ujar Pj Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika.

Tahun 2023 Festival Semarapura berhasil mendatangkan kurang lebih 46 ribu pengunjung dari dalam dan luar negeri per hari dengan omzet UMKM mencapai 2,1 Milyar. Dengan masuknya Festival Semarapura ke kalender event nasional Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maka diharapkan kunjungan wisatawan dan perputaran uangnya bisa melebihi angka tahun lalu.

“Berbagai hal harus disiapkan dengan matang, karena Semarapura Festival yang telah masuk kalender event nasional. Faktor keamanan dan kenyamanan menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Saya berharap agar jajaran OPD terkait dengan TNI/Polri bisa menjaga kerja sama dan koordinasi yang baik agar pelaksanaan kegiatan festival ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai. Hal yang paling penting diperhatikan masyarakat juga diimbau untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan sebaik-baiknya agar festival ini tetap dalam suasana yang bersih dan sejuk,” ungkap I Nyoman Jendrika.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung, Ni Made Sulistiawati juga menjelaskan rangkaian acara Festival Semarapura tahun ini yang digadang akan meriah, “Festival Semarapura tahun ini akan menampilkan atraksi budaya yang melibatkan hampir lebih dari 1.000 seniman. Mulai Tari Lawang Balingkang, Solah Barong Sebarung, Gong Kebyar, koloborasi Tari Barong dan Barong Sai, Grand Final Jegeg Bagus dan dan fashion show. Festival ini pun akan menyajikan pameran UMKM mulai dari kuliner, fashion, dan kerajinan tangan yang totalnya mencapai 120 stand. Festival juga akan dimeriahkan oleh penyanyi dan musisi nasional Marcello Tahitoe alias Ello juga akan menjadi bintang tamu,” tutur Sulis.

Gelaran Festival Semarapura ke 6 tahun ini akan digelar bertepatan dengan Hari Puputan Klungkung ke-116 dan HUT Kota Semarapura ke-32. Tahun ini ada pula hiburan musik khas Bali yang akan dimeriahkan oleh artis-artis pop Bali. Di antaranya, ada Margi, Dek Arya, Tika Pagraky, Wira Krisna, Leeyonk Sinatra, Alien Child.

“Festival Semarapura tidak hanya menyuguhkan berbagai jenis produk khas Klungkung seperti kain endek, kerajinan perak, dan kerajinan anyaman bambu. Festival Semarapura juga akan menghadirkan berbagai pertunjukan seni dan atraksi budaya Bali dari para seniman lokal Klungkung untuk menarik perhatian pengunjung,” papar Sulis.