BAZNAS Bersama TNI AL Gelar Buka Puasa Bersama Ojol dan Masyarakat Pesisir di Marunda

ANP • Tuesday, 2 Apr 2024 - 21:51 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan TNI AL menggelar buka puasa bersama dengan komunitas ojek online dan masyarakat pesisir di Masjid Ar Rahmad, Pasmar 1, Marunda, Jakarta Utara, Selasa (2/4/2024).

Hadir, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA., Deputi II BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, H. Imdadun Rahmat, Panglima Komando Armada RI Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. yang hadir mewakili KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Pembinaan Mental Angkatan Laut (Kadisbintal AL), Brigjen TNI Marinir Sandy M. Latief, S.I.P., serta Penceramah KH. Dr. Ali Sibromalisi M.A.

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI AL yang turut berpartisipasi dalam program buka puasa bersama dengan komunitas ojek online dan masyarakat pesisir.

"Alhamdulillah, TNI AL bersama BAZNAS melakukan program-program solidaritas sosial melalui buka bersama ojek online dan masyarakat pesisir Marunda," ujar Saidah.

"Kami menyediakan 2000 paket ZFood dan 2000 porsi makanan untuk berbuka puasa, juga nanti ada santunan berupa 1000 paket logistik keluarga," lanjutnya.

Saidah mengungkapkan, kegiatan ini merupakan inisiatif Ketua BAZNAS RI bersama KSAL untuk menyempurnakan ibadah dan amalan di bulan suci Ramadhan, yakni dengan menyalurkan zakat dari para muzaki untuk mustahik di wilayah pesisir Marunda. 

"Acara ini merupakan inisiatif Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Ahmad MA dan Bapak KSAL. Namun saat ini beliau berhalangan hadir karena sedang berada di Rafah untuk memantau langsung pengiriman bantuan makanan kepada rakyat Gaza, mohon doa untuk beliau," ucap Saidah.

Selain itu, Saidah juga mengajak prajurit TNI AL dan masyarakat untuk menyempurnakan bulan Ramadhan ini dengan membayarkan zakat fitrah dan zakat maal melalui BAZNAS. 

"Bulan Ramadhan ini perlu kita sempurnakan dengan menunaikan zakat maal dan zakat fitrah. Untuk zakat fitrah di BAZNAS besarannya 2,5 kilogram beras atau setara Rp45.000. Mari kita tutup amalan-amalan Ramadhan ini dengan melaksanakan zakat," ajaknya. 

Sementara itu, Panglima Komando Armada RI Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata dalam sambutannya mengatakan acara buka puasa bersama ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi.

"Acara buka puasa ini tidak lain bertujuan mempererat tali silaturahmi keluarga besar TNI Angkatan Laut dengan masyarakat pesisir wilayah Cilincing, Jakarta Utara beserta saudara-saudara ojek online serta untuk mengingatkan kita semua agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt," ucapnya. 

Aktivitas bulan Ramadhan ini, lanjut Jenderal Bintang Tiga ini, bukanlah sebatas melaksanakan rutinitas tahunan dengan hanya menahan lapar dan dahaga saja, tetapi menjadi ajang meningkatkan kualitas spiritual dan kualitas sosial kemasyarakatan. 

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada BAZNAS RI atas kolaborasinya bersama TNI AL menyelenggarakan acara ini. Semoga Allah Ta'ala menerima amal ibadah kita dan kita mendapat rahmat dan maghfiroh dari Allah SWT," harapnya. 

Dalam kegiatan buka puasa ini disediakan 2.000 paket ZFood BAZNAS, 2.000 porsi makanan berbuka yang dimasak oleh Juara 2 Masterchief Season 10, Fahmi Prachaya Ruangroj. 

Selain itu juga dibagikan 1.000 paket logistik keluarga dari BAZNAS berisi beras, susu, minyak goreng, kornet, dan biskuit untuk pengemudi ojek online dan masyarakat pesisir di Marunda.