Pemerintah Indonesia Beri Bantuan Kesehatan Masing-masing 1 Juta Dolar untuk Palestina dan Sudan

ANP • Tuesday, 26 Mar 2024 - 15:09 WIB

Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia sepakat untuk menyalurkan bantuan penanganan darurat kesehatan untuk Palestina dan Sudan. Total bantuan tersebut, yakni masing-masing senilai US$ 1 juta (Rp 15,49 miliar).

Kesepakatan tersebut telah dibahas dan disetujui oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Sekretariat negara, Sekretaris Kabinet, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) perihal Bantuan Penanganan Darurat Kesehatan untuk Palestina dan Sudan, yang sebelumnya digelar secara tertutup, di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, pada Selasa, (26/3/2024).

“Untuk bantuan sudah kita sepakati bahwa pemerintah Republik Indonesia akan memberikan bantuan kepada Palestina, dan juga sudah, yang nilainya masing-masing 1 juta US dollar,” kata Menko PMK, Muhadjir Effendy dalam konferensi pers usai rapat tersebut.

Muhadjir juga menjelaskan, untuk selanjutnya dana bantuan akan diperoleh melalui dana siap pakai serta dana kedaruratan BNPB.

Dalam kesempatan yang sama, Menlu Retno Marsudi turut merinci Indonesia menerima permintaan bantuan yang fokus pada kesehatan, yakni dari Pemerintah Mesir dan Kemenkes Mesir. Bantuan tersebut untuk menangani pengungsi Palestina yang ada di Mesir, yang terdampak dari perang Israel-Hamas.

Sedangkan, permintaan bantuan yang kedua adalah dari Pemerintah Sudan untuk menangani masalah kesehatan di negara tersebut sebagai dampak dari perang saudara di Sudan yang terjadi sejak 2023.

“Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberikan bantuan baik kepada Pemerintah Mesir untuk menangani Palestina dan Sudan untuk menangani dampak dari konflik internal yang ada di Sudan, khusunya adalah di bidang kesehatan,” ujar Retno.

Retno kemudian merinci, khusus mengenai bantuan untuk Palestina yaitu adalah bantuan tambahan untuk melengkapi dari bantuan-bantuan sebelumnya yang sempat terhambat, baik disalurkan melalui jalur darat maupun udara. Total bantuan dari Indonesia untuk Palestina baik dari pemerintah maupun non pemerintah saat ini junlahnya sudah sekitar 4.400 ton.

Dia juga menegaskan bahwa bantuan-bantuan sebelumnya disalurkan ke Gaza dan sudah sepenuhnya diterima. "Semuanya adalah mayoritas diantaranya diperuntukkan untuk Gaza. Jadi sekali lagi untuk Gaza, dan semua bantuan Idonesia saat ini sudah masuk ke Gaza.” kata Retno.