Bantu Penyandang Disabilitas, BAZNAS Berikan Alat Bantu Gerak, Paket Ramadhan, dan Modal Usaha

ANP • Monday, 25 Mar 2024 - 22:16 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama Komisi Nasional Disabilitas (KND) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, sosial, dan aksesbilitas disabilitas melalui program Disabilitas Berdaya, selama bulan suci Ramadhan 1445 H.

Melalui program Disabilitas Berdaya, BAZNAS menyalurkan bantuan berupa 50 alat bantu aksesbilitas, 200 Paket Ramadhan Bahagia (PRB), serta 50 paket bantuan modal usaha kepada mustahik dalam acara kolaborasi BAZNAS dengan KND di Kantor KND, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA., Deputi II BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, Dr. H. Imdadun Rahmat M.Si, serta Ketua Komisi Nasional Disabilitas, Dante Rigmalia beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, MA., menyampaikan, program Disabilitas Berdaya ini bertujuan membantu para disabilitas untuk mengatasi rintangan-rintangan yang mengacu pada kondisi perbedaan dalam fungsi tubuh atau mental seseorang.

"Keterbatasan fisik jangan menghalangi kita untuk tetap produktif. Tetaplah bersemangat dan percaya diri dalam melangkah, mari kita bangun empati dan kesadaran kita untuk mandiri baik secara sosial, aksebilitas, dan ekonomi," ujar Saidah.

Dalam berbagai kesempatan, lanjut Saidah, BAZNAS selalu mengedepankan perhatian terhadap penyandang disabilitas dengan melakukan pembinaan serta pelatihan terhadap mereka.

"Teman-teman disabilitas ini adalah salah satu prioritas kami di BAZNAS, maka itulah kolaborasi BAZNAS dan KND ini sangat tepat untuk membantu memberdayakan teman-teman semua," ucapnya. 

Saidah mencontohkan kisah sukses Bu Yuli, mustahik binaan BAZNAS yang kini telah bertransformasi menjadi muzaki. Bu Yuli berhasil memberdayakan penyandang disabilitas lain, dan memiliki usaha konveksi yang berkembang dengan pesat.

“Semoga dengan bantuan ini bisa membantu meringankan warga dan warga dapat kembali menjalankan Hablum Minannas dan Hablum Minallah dengan baik,” harapnya.

Deputi II BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Dr. H. Imdadun Rahmat M.Si pada kesempatan yang sama menjelaskan, BAZNAS terus berupaya memberikan pelayanan terbaiknya, baik itu kepada muzaki maupun mustahik. 

"BAZNAS sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang ditugaskan untuk mengelola dana zakat, infak, dan sedekah, akan terus memberikan layanan zakat agar aman dan tepat sasaran,” ucapnya. 

"Kami memiliki program-program permodalan usaha, manajemen keuangan, pendampingan optimalisasi produk, hingga proses sertifikat halal. Juga banyak skema-skema pelatihan usaha lainnya,” tambah Imdadun. 

Sementara itu, Ketua KND Dante Rigmaila mengatakan, hadirnya program Disabilitas Berdaya merupakan bukti nyata sinergisitas antara BAZNAS dan KND berperan aktif dalam membantu disabilitas.

"Mari kita jadikan ini sebagai contoh yang dapat memberikan perubahan sosial secara nyata. Semoga Allah SWT membalas kebaikan kita semua, teruslah bekerja keras dan berinovasi agar dapat meraih kesuksesan," ucap Dante.

Dante mengucapkan terima kasih dan apresiai atas kolaborasi yang diinisiai BAZNAS bersama KND ini. Pihaknya berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar dan berkelanjutan. 

“Kami sangat berterimakasih, dengan adanya program Ramadhan Disabilitas Berdaya yang diinisasi BAZNAS diharapkan program ini dapat berjalan baik, tepat sasaran dan mendorong disabilitas untuk memiliki penghidupan yang lebih mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.