Review Acer Predator Helios 16: Laptop Gaming yang Dinamis

MUS • Monday, 25 Mar 2024 - 12:17 WIB

TIAP tahun, Acer selalu membawa perubahan cukup signifikan lewat lini laptop terbaru yang mereka miliki. Dari lini gaming, Acer Predator Helios 16 menjadi laptop gaming high end level yang mengalami cukup banyak perubahan menjadi semakin dinamis.

Acer Predator Helios 16 saat ini memiliki beberapa spesifikasi yang diusung dan harga yang bersaing di pasaran. Laptop ini telah didukung 13th Gen Intel® Core™ i9 Processor dan kartu grafis varian RTX 40 Series serta sistem pendingin yang telah ditingkatkan ke level terbaru. 

Dengan keunggulan tersebut, Acer mengklaim bahwa laptop Predator Helios 16 tersebut sangat cocok digunakan bagi para gamers profesional hingga konten kreator dalam menghasilkan karya terbaik mereka. 

Lantas, apakah spesifikasi dan fitur unggulan tersebut memang terbukti kebenarannya? Atau sekedar gimmick semata? Untuk membuktikannya, simak review Acer Predator Helios 16 berikut ini.

BACA JUGA: Kenalan dengan Beberapa Fitur Unggulan Acer Predator Helios Neo 16

Desain Lebih Dinamis

Acer Predator Helios 16 terlihat berbeda dengan Predator Series lainnya. Biasanya Predator Series terlihat agak besar dengan desain bulky yang agak melengkung di setiap sudutnya. Saat ini, Laptop Predator Helios 16 terlihat lebih datar dengan sudut tajam dan tidak melengkung.

Meski tampil lebih stylish, tetap tidak menghilangkan kesan kokoh dari laptop ini dengan bentuknya yang dinamis dan jauh lebih mudah untuk dibawa kemanapun.

Laptop ini masih dibalut oleh warna hitam pada sekujur tubuhnya yang menjadi ciri khas dari seri laptop Predator Helios. Kini yang berbeda yaitu penempatan logo Predator berukuran lebih kecil pada bagian atas laptop dengan warna silver yang membuatnya jadi lebih stylish.

Menyusuri bagian depan, terpampang layar dengan panel LED Mini, 1000 zona LED Mini, 1000 nit, dan DCI-P3 100% Gamut Warna. Ada WQXGA dan refresh rate layarnya hingga 240 Hz yang memberikan visualisasi gambar lebih luas dan cepat.

Layar laptop juga telah didukung NVIDIA® ADVANCED OPTIMUS® yang membuat pengalihan tampilan dibuat lebih dinamis. Dengan kombinasi tersebut, laptop ini menyuguhkan visual lebih tajam dan detail saat bermain game atau mengedit video.

Tepat di bawah layar, terdapat keyboard berlampu latar per-key RGB bersinar dengan lampu latar LED Mini. Lampu ini lebih hemat daya, dan berwarna lebih seragam dibandingkan yang ada pada generasi Predator Helios sebelumnya. Kehadiran lampu latar LED Mini sangat membantu saat menggunakan keyboard di malam hari atau dalam kondisi gelap. 

Keyboard ini juga dilengkapi dengan tombol pintas mode dan tombol cepat aplikasi utilitas PredatorSense yang memudahkan dalam menyesuaikan pengaturan laptop diberbagai mode saat sedang digunakan. 

Terdapat beberapa mode operasi, seperti Quiet (Senyap), Balanced (Seimbang), Performance (Performa), dan Turbo (overclock total, kipas total) yang dapat dipilih. 

Semua mode operasi ini memungkinkan untuk memilih mode yang sesuai dengan kebutuhan dan memaksimalkan performa laptop serta dapat mengatur pencahayaan pulsar dan kontrol kipas untuk mengurangi efek panas berlebih saat laptop sedang digunakan.

Memiliki Spesifikasi dan Fitur Andalan 

Acer Predator Helios 16 telah didukung oleh 13th Gen Intel® Core™ i9 Processor yang sanggup mendongkrak performa laptop saat bermain game, mengedit video dan kegiatan multimedia lainnya. 

Prosesor ini telah didukung dengan arsitektur hibrida performa terbaru yang mampu menyesuaikan kinerja dengan beban kerja secara tepat. Dengan begitu, aplikasi apapun yang sedang berjalan di latar belakang tidak akan mengganggu permainan yang membuat lag.

Tersusun hingga 24 cores dan 32 thread yang memberikan peningkatan performa 27% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya dan up to 10% dengan PredatorSense. Laptop ini juga telah ditopang RAM DDR5 PCIe berkapasitas 32 GB dipadukan SSD berbasis PCIe NVMe hingga 2 TB.

Peranan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 40 Series yaitu RTX™ 4070 pada laptop ini juga tak kalah penting untuk bermain game dan mengedit video. 

BACA JUGA: Ajang Gaming Global, WCG Umumkan Jakarta sebagai Tuan Rumah Turnamen 2024

Melakukan kegiatan seperti bermain game, mengedit video dan kegiatan lainnya dengan daya yang besar selama hampir seharian penuh, suhu laptop tetap stabil dikarenakan laptop Acer Predator Helios 16 Series memiliki sistem pendinginan terlengkap dan tercanggih di kelasnya yang terdiri dari kipas 3D AeroBlade Generasi ke-5, pipa pemanas vektor, dan efek pendinginan pelumas termal logam cair yang membuatnya tetap dingin serta optimal sehingga menggunakan laptop dalam waktu yang lama pun tidak menjadi masalah.

Kesimpulan

Acer Predator Helios 16 yang dinamis sekaligus stylish memiliki spesifikasi dan fitur andalan yang cocok bagi para gamers profesional dan konten kreator. 

Aktivitas seperti bermain game AAA, mengedit video secara cepat, semua tanpa kendala sama sekali berkat kombinasi serasi antara 13th Gen Intel® Core™ i9 Processor dan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 4070.

Laptop ini telah resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai dari Rp 37.999.000. yang dapat diperoleh melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline. Untuk pembelian online, bisa langsung mengunjungi Acer Online Store Indonesia di tautan https://store.acer.com/en-id/helios-16-ph16-71-nh-qjrsn-003

Dalam setiap pembelian Acer Predator Helios 16 Series, sudah diinstal Windows 11 Home yang siap digunakan. Menariknya, disertakan pula garansi resmi dari Acer selama 3 tahun garansi yang mencakup 3 tahun service, 3 tahun jaminan suku cadang serta 1 tahun Acer Priority Care (accidental damage protection serta layanan prioritas). 

Dapatkan juga secara gratis mouse cestus 335 dan backpack predator  dalam setiap pembelian Acer Predator Helios 16 .

Selain itu, untuk bisa mendapatkan informasi seputar produk terbaru Acer dan promo terkini dengan mengakses Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/promotion