Berkah Ramadan Hadir di Malang, BPKH Beri Bantuan Paket Sembako Hingga Operasi Katarak Gratis

FAZ • Sunday, 24 Mar 2024 - 11:12 WIB

Malang - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), melaksanakan rangkaian kegiatan Berbagi Berkah Ramadhan dengan melakukan Bakti Sosial di Malang, Sabtu (23/3/2024). Rangkaian kegiatan BPKH ini dikemas dalam Reuni Alumni 84 SMAN 3 Malang.

Sulistyowati Anggota Badan Pelaksana BPKH menyampaikan, pihaknya berkontribusi dengan memberikan 100 paket sembako dan 100 paket kado Ramadan. 

Selain itu, nantinya juga akan dilaksanakan bantuan kesehatan bagi masyarakat di Jawa Timur yang mengalami problem terkait mata. "Setelah lebaran akan dilakukan operasi katarak gratis untuk 100 orang masyarakat," ungkapnya.

Tak hanya itu, BPKH nantinya juga akan berkontribusi dalam pembangunan rumah ibadah, khususnya yang ada di SMAN 3 Malang.

"Insya'allah juga setelah lebaran, jadi sementara simbolis dulu," katanya dalam sela kegiatan.

Untuk rumah ibadah, BPKH juga akan merevitalisasi masjid terminal pada 4 provinsi, yakni di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY).

"Kalau tahun kemarin di Jabodetabek, bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia," tutur Sulistyowati.

Dalam kegiatan bakti sosial yang dilakukan BPKH ini, menjadi kegiatan pertama yang dilakukan BPKH di SMA Negeri. Selama ini, BPKH lebih sering melaksanakan kegiatan di berbagai sekolah madrasah maupun pondok pesantren.

"Jadi kegiatan sosial ini memang menjadi rangkaian kegiatan Berkah Ramadhan. BPKH di Bulan Ramadhan selalu membuat program," katanya.

Kegiatan lainnya yang kerap dilakukan BPKH seperti halnya berbagi Al-Qur'an untuk masyarakat di seluruh Indonesia. Al-Qur'an yang dibagikan ada beberapa jenis, Al-Qur'an untuk Imam, Al-Qur'an Braille untuk tunanetra, hingga Al-Qur'an Audio Visual berbahasa isyarat dan sebagainya.

"Kalau kado ramadhan tadi jumlah seluruh Indonesia yang telah dibagikan 7777, Bagi Al-Qur'an ada 20 ribu. Total anggaran untuk kegiatan sosial bulan Ramadhan di seluruh Indonesia ada Rp 12,6 miliar," terangnya.

Dalam pendistribusian, karena BPKH hanya ada di pusat  dan tidak memiliki cabang, maka mengandeng mitra kemaslahatan dalam distribusi. Ada sekitar 12 mitra yang digandeng.

"Kita harus menyebarkan dengan anggaran Rp 12,6 miliar kita harus bagikan merata diseluruh Indonesia. Sebenarnya kegiatan besarnya ada di 4 Kota, Mojokerto, Aceh, Makassar dan Jakarta, di Malang ini bagian kecilnya," pungkasnya.