BAZNAS RI Bersama Masjid Nurullah Kalibata City Gulirkan Program Sedekah Barang

ANP • Friday, 15 Mar 2024 - 22:31 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bersama Masjid Nurullay Kalibata City meluncurkan program Sedekah Barang, sebagai upaya membangun kepedulian masyarakat untuk menciptakan kesadaran bersama.

Peluncuran progam Sedekah Barang ini turut dihadiri Direktur Pengumpulan Perorangan, Fitriansyah Agus Setiawan dan Ketua DKM Masjid Nurullah Kalibata City, Ustaz Muhamad Mada Husein di Kalibata City Tower Cendana, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Dalam sambutannya, Direktur Pengumpulan Perorangan, Fitriansyah Agus Setiawan menyampaikan, program Sedekah Barang hadir memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk bersedekah berupa barang-barang bekas yang masih memiliki nilai manfaat.

"BAZNAS menyambut positif program Sedekah Barang karena merupakan sebuah inovasi dan terobosan yang diharapkan dapat memberikan solusi nyata terhadap berbagai permasalahan sosial melalui pemanfaatan barang-barang bekas," ujarnya.

Melalui program ini, lanjut dia, BAZNAS bersama pengurus DKM Masjid Nurullah Kalibata City telah berkomitmen bersama mengajak penghuni apartemen Kalibata City dan masyarakat umum untuk mendukung gerakan Sedekah Barang.

"Harapan kami, kegiatan launching ini dapat menjadi sebuah jembatan kebaikan yang menggabungkan semua dalam upaya kontribusi mengurangi dampak kesenjangan dari second-hand goods hingga membuka syiar yang lebih luas lagi," jelasnya.

Fitriansyah juga mengatakan, program Sedekah Barang ini memberikan solusi bagi donator di lingkungan apartemen Kalibata City untuk bersedekah di BAZNAS melalui barang bekas yang masih memiliki nilai manfaat dan nilai jual melalui drop box yang tersedia. 

Terpisah, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, H. Rizaludin Kurniawan M.Si menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat mewujudkan program ini, sehingga dapat terlaksana dengan lancar.

Rizaludin berharap program Sedekah Barang dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk terlibat aktif dalam aksi sosial dan berbagi kepada sesama.

“Program Sedekah Barang ini bukanlah semata tentang memberikan bantuan materi, namun lebih jauh lagi tentang memperkuat ikatan kebersamaan dan meningkatkan kepedulian sosial di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Nurullah Kalibata City, Ustaz Muhamad Mada Husein menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS RI atas kolaborasi yang sudah terjalin ini. 

Dia menyebut para jamaah sangat antusias dengan adanya program Sedekah Barang yang diinisiasi oleh BAZNAS RI, yang merupakan terobosan baru untuk memudahkan masyarakat dalam bersedekah.  

“Ini sebagai terobosan baru yang tentu akan memudahkan masyarakat dalam bersedekah. Kami berharap makin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program Sedekah Barang ini," harapnya.