Pengabdian Masyarakat, Dosen Hukum Perdata UPN Veteran Jakarta Gelar Pendampingan Hukum di Kelurahan Bahagia Bekasi

ANP • Saturday, 9 Mar 2024 - 21:02 WIB
Tim Dosen Hukum Perdata Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atas undangan warga RW.014 Kelurahan Bahagia Kabupaten Bekasi provinsi Jawa Barat pada hari Sabtu, 9 Maret 2024.

BEKASI  - Tim Dosen Hukum Perdata Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atas undangan warga RW.014 Kelurahan Bahagia Kabupaten Bekasi provinsi Jawa Barat pada hari Sabtu, 9 Maret 2024.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Hukum Perdata Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta, yang terdiri dari: Dr. Atik Winanti, SH, MH; Surahmad, SH, MH.; Dwi Aryanti Ramadhani, SH, MH.; Sulastri, SH, MH.; Wardani Rizkianti, SH, MKn.; Siti Nurul Intan Sari Dalimunte, SH, MKn.; dan Taupiqqurrahman, SH, MKn adalah kegiatan rutin tiap semester.

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Tim Dosen Hukum Perdata Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta, Dr. Atik Winanti, SH, MH mengatakan, pada Semester Genap TA. 2023/2024 ini, Tim Dosen Hukum Perdata melaksanakan PkM atas undangan Warga Rw.014 Kelurahan Bahagia, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, dari hasil kuesioner yang telah dikirimkan oleh Tim Dosen Hukum Perdata yang berdomisili di wilayah Kab/Kota Bekasi, warga menghendaki adanya kegiatan Pendampingan Hukum Peningkatan Hak Atas Tanah dan Pendaftaran Pencatatan Perkawinan (bagi warga yang belum memiliki Akta Perkawinan/Surat Nikah).

“Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 9 Maret 2024, bertepatan dengan Pelantikan Kepengurusan RW. 014 Kelurahan Bahagia, Kabupaten Bekasi, bertempat di Pondok Daun Resort Cibodas Kab. Cianjur Jawa Barat. Pendampingan hukum ini diikuti oleh ± 30 warga yang akan dilantik sebagai pengurus RW,” tegas Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Tim Dosen Hukum Perdata Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta, Dr. Atik Winanti, SH, MH, di Bekasi, Sabtu (9/3/2024).

Ia menjelaskan, dalam pelaksanaan PkM kali ini, Tim Dosen Hukum Perdata dibantu 2 orang mahasiswa untuk membantu warga dalam pengisian kuesioner sebelum dan sesudah pendampingan, serta membantu menjelaskan alur pencatatan perkawinan dan membuka website Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

“Diakhir kegiatan Tim Dosen Hukum Perdata Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta memberikan kenang-kenangan berupa Standing Banner Tentang “Alur Pencatatan Perkawinan Di Dukcapil” untuk diletakkan di Kantor/Balai RW.014, Kelurahan Bahagia, Kab. Bekasi, Provinsi Jawa Barat, dengan tujuan agar Masyarakat setenpat mendapatkan sosialiasi alur pencatatan perkawinan,” katanya.

Ketua RW.014 Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi, Kurniawan Budi Santoso mengaku, pendampingan dan penyuluhan hukum tersebut sangat bermanfaat sekali karena pihaknya seringkali bersentuhan langsung dengan masalah masalah, mulai dari kasus sengketa tanah hingga masalah pernikahan.

“Ini sangat bermanfaat bagi kami. Permasalahan di 14 RT tersebut sangat kompleks dan bersentuhan langsung di masyarakat,” ujar Kurniawan Budi Santoso.

Pihaknya berharap kedepan Tim Dosen Hukum Perdata Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta bisa bersinergi lagi untuk bisa melaksanakan kegiatan serupa, dengan melakukan pendampingan permasalahan hukum bagi masyarakat.

“Peserta  sekitar 40 orang yang terdiri dari pengurus RT di 14 RT di lingkungan RW. 014 Kelurahan Bahagia, Kabupaten Bekasi. Ini sangat membantu dalam menghadapi masalah hukum administrasi pertanahan dan pernikahan,” tambahnya.