Dutch Art In Motion Jembatani Kerja Sama Seni Budaya Indonesia-Belanda

MUS • Saturday, 9 Mar 2024 - 11:37 WIB

Bandung - Dutch Art In Motion Team, menggelar acara puncak kompetisi seni budaya yang diikuti mahasiswa dari beberapa kampus nasional, yang digelar di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Jawa Barat, pada Jumat 8 Maret 2024.

Sebanyak 13 tim peserta dari kampus ISBI Bandung, ISBI Aceh dan ISBI Solo mengikut tahap penjurian. Berbagai seni ditampilkan mulai dari musik, seni rupa, fashion hingga fotografi. 

Sebelumnya Dutch Art In Motion Team juga menggelar workshop Colours of The Future yang difasilitasi oleh Rob Hammink, Ronald van de Capelle, Quirene van Heeren yang diselenggarakan pada 19-20 Februari 2024 lalu.

Workshop tersebut mengeksplorasi hubungan kebudayaan Indonesia - Belanda pada masa lalu, hari ini dan masa depan, serta mengasesmen berbagai karya yang akhirnya ditampilkan pada acara puncak.

BACA JUGA: Indonesia Tampilkan Karya Seni Jalan Nusantara di Markas Besar UNESCO

Founder Ducth Art In Motion, Rob Hammink berharap Art In Motion menjadi jembatan para seniman muda Indonesia dan para seniman Belanda membangun kerja sama kebudayaan.

“Saya sangat terkejut dengan kualitas yang sangat tinggi dari semua pekerjaan, Aceh, Surakarta, hingga Bandung sungguh menakjubkan, dan selamat bagi pemenang Annisa Retni dengan karya Vice Versa yang akan diberangkatkan ke Belanda untuk membuat karya bersama mahasiswa di Belanda," kata Rob kepada seluruh peserta Final Art in Motion. 

Art In Motion akan kembali hadir di Indonesia pada bulan September 2024. Nantinya seluruh lembaga yang terhubung dengan BKS PTSI (Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni se-Indonesia) bakal diundang untuk mengikuti lokakarya di Jakarta. 

Di sana siswa akan bertukar pikiran tentang karya seni yang melambangkan masa depan antara Indonesia dan Belanda. Seniman Belanda juga akan berkontribusi dalam proyek budaya fusi ini.

Tak hanya itu, AiM juga akan menampilkan karya seni tersebut pada Festival Kesenian Indonesia (FKI) pada tahun 2025, saat Indonesia merayakan 80 tahun kemerdekaan.