Beri Layanan Kesehatan Gratis, BAZNAS RI Luncurkan Rumah Sehat BAZNAS Cirebon

ANP • Wednesday, 6 Mar 2024 - 23:01 WIB

CIREBON - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI meluncurkan Rumah Sehat BAZNAS di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon, Rabu (6/3/2024), sebagai bagian dari upaya memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin dan duafa.

Peresmian Rumah Sehat BAZNAS Cirebon turut dihadiri Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag., Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan MA., serta Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon KH. Muh. Musthofa Aqiel.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., menyampaikan, Rumah Sehat BAZNAS dibangun atas dasar kepedulian BAZNAS dan muzaki untuk mendukung kesehatan para masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan.

“Rumah Sehat BAZNAS adalah salah satu program unggulan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang salah satu tugasnya adalah memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan,” ujar Kiai Noor. 

Ke depan, Kiai Noor berharap, Rumah Sehat BAZNAS dapat bertransformasi menjadi Rumah Sakit Pendidikan Kempek Cirebon. Katanya, Rumah Sehat BAZNAS akan dikelola secara profesional dengan melibatkan tenaga-tenaga medis yang kompeten dan berkualitas.

“Kalau nanti ada universitas, ada kedokteran misalnya saja, yang sekarang Rumah Sehat BAZNAS akan menjadi Rumah Sakit Pendidikan Universitas Kempek Cirebon. Sekarang ini masih Rumah Sehat BAZNAS, masih kecil,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan MA., menambahkan, Rumah Sehat BAZNAS Cirebon merupakan rumah sehat pertama yang didirikan di area pondok pesantren.

“Rumah Sehat BAZNAS Cirebon yang ada di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon ini adalah rumah sehat pertama yang didirikan di pesantren. Biasanya BAZNAS mendirikan Rumah Sehat BAZNAS itu dikelola sendiri,” jelasnya.

Saidah melanjutkan, Rumah Sehat BAZNAS Cirebon merupakan support BAZNAS terhadap Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon untuk mengelola layanan kesehatan yang digunakan untuk kepentingan masyarakat luas.

“Ini baru pertama kali BAZNAS memberikan dukungan, memberikan rumah sehat yang nanti akan dikelola secara mandiri oleh pesantren. Jadi ini menjadi percontohan, prototipe, mauizatul hasanah bagi pesantren-pesantren yang lain,” katanya.

Rumah Sehat BAZNAS (RSB) merupakan program yang dimiliki oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat kurang mampu (mustahik) dengan sistem kepesertaan.

Program Rumah Sehat BAZNAS ini diberikan secara gratis bagi mustahik, sebagai upaya untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada mereka yang membutuhkan tanpa memerlukan biaya tambahan.