PPJI Luncurkan Pilot Project Program Makan Siang Gratis di MI Bait Al Rahman Jakarta

ANP • Tuesday, 5 Mar 2024 - 20:01 WIB

JAKARTA - Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) meluncurkan perdana pilot project Program Makan Siang Gratis di MI Bait Al Rahman, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Selasa (5/3/2024). Mengambil tema “Bergerak Maju Bersama PPJI Untuk Indonesia” kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan PPJI terhadap Program Makan Siang Gratis Dengan Gizi Seimbang bagi Siswa Sekolah. 

Sebanyak 270 porsi makan siang dengan menu seimbang dibagikan kepada siswa-siswa MI Bait Al Rahman. Makanan tersebut merupakan hasil ramuan anggota PPJI dimana telah dihitung kandungan gizi dan ukuran porsi yang tepat untuk anak-anak usia SD.

“Ini merupakan pilot project PPJI yang pertama sekaligus menjadi implementasi dari program yang digagas pemerintah berupa Makan Siang Gratis,” kata Ketua Umum PPJI Iden Gobel.

PPJI lanjut Iden Gobel, sangat mendukung bahkan menginisiasi  terselenggaranya Program Makan Siang Gratis untuk anak sekolah. Dengan program seperti ini diharapkan dapat memperbaiki gizi anak sekolah yang pada akhirnya akan meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa.

“Kami berkolaborasi dengan berkolaborasi dengan berbagai sektor melalui program  AKSI BAGI  (Aksi Sahabat Gibran) dalam mengimplementasikan program makan gratis bagi anak sekolah ini,” lanjutnya.

Agar program ini tertata rapi dan berjalan lancar, PPJI sebagai mitra strategis Pemerintah dalam penyelenggaraan Jasaboga telah menyiapkan fondasi dasarnya, yang melipiuti penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi  pelaku jasaboga yang meliputi Sertifikasi Penjamah Makanan, Keamanan Pangan, Higine dan Sanitasi serta memberikan edukasi Menu Gizi Seimbang. Sosialisasi tersebut telah terselenggara di beberapa kota di pulau Jawa selama periode Januari sampai Februari 2024.

“Kini saatnya kita berjuang demi anak-anak Indonesia yang sehat dan bergizi sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa depan,” tegas Iden Gobel.

Di tempat yang sama, Fahrur Rosidi, Chef sekaligus anggota PPJI, mengatakan anggota PPJI yg tersebar di 22 Provinsi se- Indonesia, secara kualifikasi teknis dan kapasitas produksi, mampu menjadi eksekutor program makan siang gratis untuk meningkatkan kualitas anak didik yang menjadi target program. “Pengetahuan tentang gizi, standar resep, prosedur memasak serta pengemasan makanan olahan yang dimiliki anggota PPJI, dapat menjadi jaminan kualitas produk yang akan disajikan untuk program makan siang gratis,” jelasnya.
Sementara itu, Wakil Sekjen PPJI, Budi Syahmenan yang membidangi Pengembangan Usaha, Hubungan Antar Lembaga, Kemitraan serta Event menambahkan, PPJI akan menjadi motor penggerak utama Program Makan Siang Gratis di Indonesia. Kegiatan Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia ini akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 24 April 2024 dengan memecahkan Rekor MURI. Masing-masing DPD PPJI yang tersebar di 22 provinsi akan mengerakkan DPC-DPC yang ada di kabupaten dan kota dengan membagikan masing-masing sekitar 5000 box makan siang. 

“Harapannya, akan ada sekitar 100.000 box makan siang yang bisa diberikan kepada anak-anak sekolah di setiap wilayah daerahnya,” katanya.

Kegiatan PPJI ini, lanjut Budi, dilakukan dengan modal dasar  kebersamaan dan gotong royong. Jadi, ayo kita Bergerak Maju Bersama dengan sistematis yang benar. Tak hanya selesai pada event ini saja, tetapi masih akan banyak event lain yang terus berkelanjutan, dalam rangka mensupport dan mensukseskan terselenggaranya Program Makan Siang Gratis bagi Anak Sekolah di Indonesia.