Pameran Wisata Terbesar di Indonesia, ASTINDO Travel Fair 2024 Resmi Dibuka

MUS • Saturday, 2 Mar 2024 - 11:29 WIB

Jakarta – Pameran wisata terbesar di Indonesia ASTINDO Travel Fair 2024 menjadi bagian dari rangkaian BCA Expoversary 2024 di Hall 1, ICE BSD Tangerang secara resmi dibuka, diikuti oleh Mitra Travel Agent, Supporting Airlines, Hotel, Cruise liner, National Tourism Organization, Tourist Destination, Travel Related products & services, perbankan dan asuransi perjalanan. 

Acara yang telah dimulai sejak kemarin ini akan berlangsung sampai tanggal 3 Maret 2024, dengan jam operasional setiap harinya mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Selain Jakarta, ASTINDO Travel Fair secara serentak berlangsung di 4 kota besar lainnya di Indonesia, yaitu Bali, Malang, Medan, dan Palembang.  

Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno, dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya ASTINDO Travel Fair tahun ini genap memasuki usia yang ke-16.

“Sejak pertama kali digelar pada tahun 2011, ASTINDO Travel Fair saat ini telah memiliki positioning sebagai salah satu travel fair yang terbesar dan terlengkap di Indonesia dan menjadi referensi terbaik bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanan wisatanya baik domestik maupun internasional (outbound). ASTINDO Travel Fair didukung oleh multi airlines menjadikan consumer show ini berbeda dengan kebanyakan travel fair yang digelar di Indonesia, dan selalu dinantikan oleh para holidaymakers,” sambut Pauline.  

“Di tengah situasi industri pariwisata yang diperkirakan akan pulih seperti sebelum pandemi di tahun 2024, namun kondisi geopolitik dunia di Rusia, Ukraina, ditambah Israel dan Palestina, ancaman resesi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi di berbagai negara, serta situasi pasca Pemilu di Indonesia, memperlambat pertumbuhan perjalanan wisata masyarakat Indonesia baik wisata domestik maupun mancanegara.

Di tengah perlambatan ini para pelaku industri tetap optimis bahwa masyarakat tetap akan melakukan perjalanan baik dengan tujuan berlibur maupun bisnis, atau seperti trend saat ini b-leisure. 

Trend ini salah satunya dipicu karena saat ini hampir seluruh negara tujuan favorit banyak memberikan kemudahan wisatawan untuk masuk ke negaranya. 

"Kondisi positif ini memicu kami untuk konsisten menghadirkan ASTINDO Travel Fair ke tengah-tengah masyarakat Indonesia, tentunya tidak terlepas dari dukungan para loyal sponsors. Merupakan kebanggaan kami tahun ini ASTINDO Travel Fair kembali didukung oleh BCA sebagai Official Bank Partner dan juga BCA Insurance sebagai Official Insurance Partner,” tutur Pauline.

"Kami bersama Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan stakeholder pariwisata lainnya antara lain FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia), APGI (Asosiasi Pendaki Gunung Indonesia), AELI (Asosiasi Experiential Learning Indonesia), dan PPSI (Perkumpulan Profesional Selam Indonesia) berkomitmen agar ASTINDO Travel Fair selalu menjadi ajang pameran wisata yang menghadirkan berbagai pilihan perjalanan bagi masyarakat Indonesia, sejalan dengan program pemerintah "Bangga Berwisata di Indonesia”. Melalui penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair, kami juga berupaya menarik lebih banyak minat wisatawan untuk berwisata di Indonesia dengan menghadirkan Tour Operator anggota ASTINDO dari berbagai provinsi di Indonesia yang menyediakan beragam promosi paket wisata domestik. Dan tahun ini Resorts World Cruises mempromosikan kapal pesiar internasional pertama yang menjadikan Jakarta sebagai homeport,” pungkas Pauline.  

Ketua Panitia ASTINDO Travel Fair 2024, Anton Sumarli, menyampaikan pihaknya bekerjasama dengan airline partners dan travel agent anggota ASTINDO menawarkan harga tiket dan paket wisata dengan harga promo selama pameran.  

“Kami didukung oleh 20 maskapai penerbangan full service ternama berskala internasional, yaitu Air Macau, All Nippon Airways, Asiana Airlines, China Airlines, Citilink, Emirates Airlines, Etihad Airways, Ethiopian Airlines, EVA Air, Garuda Indonesia, Korean Air, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Qantas Airways, Qatar Airways, Saudia Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways, Turkish Airlines dan Uzbekistan Airways yang akan menawarkan harga tiket khusus selama pameran,” papar Anton. 

“Dengan total 78 booth di Hall 1, ICE BSD Tangerang, ASTINDO Travel Fair diramaikan oleh 29 travel agent, 13 tour operator anggota ASTINDO dari 9 provinsi di Indonesia, 8 Badan promosi pariwisata (NTO), 15 travel-related products & services, serta sejumlah mitra pendukung yang menawarkan beragam penawaran khusus selama pameran. Kami berharap ASTINDO Travel Fair menjadi one stop shopping solution untuk para pengunjung pameran yang kami perkirakan mencapai 90.000 orang dengan perkiraan transaksional (sales volume) hingga Rp.100 miliar,” ujar Anton pada pembukaan pameran hari ini di Jakarta.  

“Selama pameran wisata ASTINDO Travel Fair, pengunjung juga dapat menyaksikan stage performance yang dihadirkan oleh sejumlah badan promosi pariwisata, diantaranya Alcazar Cabaret Show, Lego Speed Contest, Talkshow dengan Influencer, Eye Catching Circus, Lion Dance, dan lain-lain. Sejumlah badan promosi pariwisata (NTO) mancanegara dan domestik yang hadir selama ASTINDO Travel Fair, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Saudi Tourism Authority, Korea Tourism Organization, Dubai Department of Economy and Tourism, Tourism Authority of Thailand, Sarawak Tourism Board, Tourism Malaysia, Taiwan Tourism Administration dan Macao Government Tourism Office yang pada kesempatan kali ini ditetapkan sebagai Preferred Destination, serta Badan Promosi Pariwisata Daerah dan juga Cruise liner yang beroperasi di regional dan internasional,” lanjut Anton.

Menyambut industri pariwisata yang kembali bergairah, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung perhelatan ASTINDO Travel Fair 2024 sebagai mitra bank resmi. Dukungan ini menunjukkan konsistensi BCA sebagai perbankan nasional yang senantiasa berkomitmen menyokong geliat industri pariwisata nasional.  

“Kami sangat senang ASTINDO Travel Fair 2024 kembali menjadi bagian dari rangkaian BCA Expoversary 2024. Sebagai banking partner, BCA berkomitmen memberikan kemudahan transaksi bagi seluruh nasabah dengan kehadiran berbagai promo menarik, mulai dari cashback 10% dengan Paylater BCA hingga cashback Rp670.000 dengan Kartu Kredit BCA Card atau QRIS di myBCA. Selain itu kami juga menawarkan opsi Cicilan BCA 0% hingga 6 bulan. Kami berharap dukungan ini dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata nasional dan membantu nasabah untuk berlibur ke destinasi wisata impiannya,” ungkap VP of Consumer Business BCA Septi Herlina.  

“Dengan total 78 booth di Hall 1, ICE BSD Tangerang, ASTINDO Travel Fair diramaikan oleh 29 travel agent, 13 tour operator anggota ASTINDO dari 9 provinsi di Indonesia, 8 Badan promosi pariwisata (NTO), 15 travel-related products & services, serta sejumlah mitra pendukung yang menawarkan beragam penawaran khusus selama pameran. Kami berharap ASTINDO Travel Fair menjadi one stop shopping solution untuk para pengunjung pameran yang kami perkirakan mencapai 90.000 orang dengan perkiraan transaksional (sales volume) hingga Rp. 100 miliar,” ujar Anton pada pembukaan pameran hari ini di Jakarta.  

“Selama pameran wisata ASTINDO Travel Fair, pengunjung juga dapat menyaksikan stage performance yang dihadirkan oleh sejumlah badan promosi pariwisata, diantaranya Alcazar Cabaret Show, Lego Speed Contest, Talkshow dengan Influencer, Eye Catching Circus, Lion Dance, dan lain-lain. Sejumlah badan promosi pariwisata (NTO) mancanegara dan domestik yang hadir selama ASTINDO Travel Fair, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Saudi Tourism Authority, Korea Tourism Organization, Dubai Department of Economy and Tourism, Tourism Authority of Thailand, Sarawak Tourism Board, Tourism Malaysia, Taiwan Tourism Administration dan Macao Government Tourism Office yang pada kesempatan kali ini ditetapkan sebagai Preferred Destination, serta Badan Promosi Pariwisata Daerah dan juga Cruise liner yang beroperasi di regional dan internasional,” lanjut Anton.

ASTINDO Travel Fair 2024 juga didukung oleh BCA Insurance sebagai Insurance Partner. Deputy Director BCA Insurance, Willy, menyampaikan BCA Insurance sebagai Insurance Partner menawarkan asuransi perjalanan dengan program yang menarik selama berlangsungnya pameran ASTINDO Travel Fair 2024.

Macao Government Tourism Office turut mendukung ASTINDO Travel Fair sebagai Preferred Destination. Direktur Macao Government Tourism Office (MGTO) Maria Helena de Senna Fernandes menyambut gembira keikutsertaan Macao Government Tourism Office (MGTO) kembali pada ASTINDO Travel Fair tahun ini.  

“Kami sangat senang dapat berkumpul kembali di ASTINDO Travel Fair. Kehadiran kami di acara luar biasa ini menegaskan komitmen kami untuk membina hubungan yang lebih erat dengan mitra-mitra kami di Indonesia,” jelas Maria.

“Tahun ini Macao mendapat kehormatan besar menjadi salah satu pendukung ASTINDO Travel Fair sebagai Preferred Destination. Booth Macao telah dirancang untuk menciptakan tempat menarik yang menampilkan beragam penawaran “wisata +” Macau, termasuk Pusat Sejarah Macau yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO, perkembangan sebagai kota Gastronomi Kreatif UNESCO, serta beragam event spektakuler dan tujuan leisure,” tambah Maria.  

“Indonesia memiliki potensi yang signifikan sebagai pangsa pasar internasional terbesar ketiga bagi Macau pada tahun 2023. Dalam upaya bersama untuk memperkuat ikatan antara Macau dan Indonesia, MGTO berencana mengadakan roadshow akbar di Jakarta pada bulan Mei. Dengan banyaknya penerbangan mingguan yang menghubungkan Macau dan Indonesia, kami sangat menantikan kedatangan teman-teman Indonesia kami, mengundang mereka untuk merasakan keajaiban yang ditawarkan kota kami”, pungkas Maria.  

ASTINDO Travel Fair tahun juga didukung oleh Galaxy Macau. Dalam release-nya Galaxy Macau menyampaikan, “Senang sekali kami dari Galaxy Macau dapat berpartisipasi dalam ASTINDO Travel Fair yang merupakan travel fair terbesar di Indonesia. Indonesia selalu menjadi pangsa pasar yang penting bagi kami. Berpartisipasi dalam pameran perjalanan ini memberikan kesempatan baru untuk meningkatkan pengunjung dari Indonesia ke Macau. Kami akan senang sekali untuk menyambut tamu dari Indonesia dan menawarkan keramahtamahan dari Galaxy Macau yang luar biasa. 

"Galaxy Macau adalah resor mewah terintegrasi kelas dunia dengan keramahan Asia. Dengan Delapan hotel mewah pemenang penghargaan, lebih dari 120 pilihan bersantap mulai dari santapan Michelin hingga hidangan otentik; tujuan belanja – Galaxy Promenade – menampilkan lebih dari 200 merek mewah dan terkenal di dunia; dan masih banyak lagi atraksi rekreasi yang menghadirkan “Destinasi Hiburan dan Rekreasi Paling Spektakuler di Dunia”. Peresmian Galaxy New Phase baru-baru ini, yang mencakup Galaxy International Convention Center (GICC), Galaxy Arena, Andaz Macau dan Raffles di Galaxy Macau adalah merupakan komitmen kami untuk meningkatkan atraksi rekreasi bagi penduduk lokal dan wisatawan, serta mendukung inisiatif dari Pemerintah Macao SAR untuk mengembangkan Macau sebagai “Pusat Pariwisata dan Rekreasi Dunia”.

ASTINDO Travel Fair 2024 turut didukung oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), anggota ASTINDO, serta Penata sebagai Event Organizer. BCA sebagai Bank Partner ASTINDO Travel Fair 2024 menyediakan kemudahan dalam cara pembayaran seperti Cashback dan Cicilan 0%, diskon khusus bagi nasabah BCA, extra voucher untuk belanja di BCA Expoversary yang berlangsung pada saat yang sama di ICE BSD Tangerang.

Pendukung lainnya, BCA Insurance sebagai Insurance Partner menawarkan asuransi perjalanan secara cuma-cuma selama berlangsungnya pameran ASTINDO Travel Fair 2024. Industri penunjang lainnya pendukung ASTINDO Travel Fair, yaitu Trac sebagai Transportation Partner, Telkomsel sebagai Telco Partner, Amadeus Technology Indonesia, Sabre Travel Network Indonesia dan Travel Port Indonesia sebagai GDS Partners, dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia. Para pendukung ini menawarkan beragam keuntungan kepada pengunjung ASTINDO Travel Fair.