FILM Madame Web, Perkenalan Klasik dengan Superhero Baru

MUS • Wednesday, 14 Feb 2024 - 16:34 WIB

Genre: Superhero, Action
Sutradara: SJ Clarkson
Pemeran: Dakota Johnson, Sydney Sweeney, Isabela Merced, Celeste O’Connor 
Durasi: Hampir 2 jam
Distributor: Sony Pictures Indonesia
Mulai tayang di bioskop Indonesia, termasuk IMAX: 14 Februari 2024

Penggemar komik Marvel, bisa jadi tak asing dengan sosok Madame Web. Tetapi untuk penonton awam, Madame Web tampil memukau dalam kemasan klasik tetapi tetap asyik. 

Versi komiknya, Madame Web digambarkan sebagai seorang perempuan senior yang buta, pengguna kursi roda. Dialah salah satu karakter Marvel yang paling kuat karena kemampuannya untuk melihat dan mengubah masa depan. 

Di bioskop, kisah Madame Web diawali dengan adegan di Hutan Amazon, khususnya di Peru pada tahun 1973. 

Di sana terdapat legenda tentang manusia laba-laba yang mempunyai kekuatan. 

Seorang ilmuwan, Constance, bertekad mencari laba-laba mujarab, ditemani rekannya Ezekiel. 

Setelah melewati proses rumit penelitian, Constance berhasil mendapatkan yang diinginkan. 

Namun Ezekiel merebutnya, dan Constance pun harus menanggung resiko yang tidak sedikit. 

Kemudian Constance melahirkan bayi dibantu komunitas manusia laba-laba. Sayang nyawa sang ibu tak tertolong. 

Sekitar 30 tahun ke depan, tepatnya di New York, kita diajak mengikuti pengalaman seorang paramedis andal, Cassandra alias Cassie Webb (Dakota Johnson). 

Dia tampak sangat gigih menjalankan profesinya, membantu sesama manusia .

Saat melakukan penyelamatan berbahaya dari sebuah mobil, yang terhuyung-huyung di tepi jembatan, Cassie terperangkap di bawah air, mengakhiri hidupnya untuk beberapa saat... hingga ia dibawa kembali oleh rekannya, Ben. 

Ketika tenggelam, ia mendapatkan penglihatan, dan saat ia melanjutkan hidupnya, penglihatan itu tidak mereda. Kekuatannya muncul di alam bawah sadar, seiring tiga perempuan turut menghampiri hidupnya.

Dia bertemu dengan Julia Cornwall (Sydney Sweeney) di rumah sakit, setelah mengantar istri dari ayah Julia dalam keadaan darurat medis. 

Cassie tinggal di gedung yang sama dengan Anya Corazon (Isabela Merced), meskipun mereka tidak saling mengenal. 

Dia juga hampir saja menabrak Mattie Franklin (Celeste O'Connor) ketika wanita muda itu bermain skateboard di jalur ambulans Cassie. 

Pertemuan Cassie dengan ketiga remaja perempuan: Julia, Anya, dan Mattie menjadi salah satu adegan seru. Mereka memiliki pergumulan masing-masing yang terkait dengan Cassie sebagai calon superhero baru.

Tentu saja, Julia, Anya, dan Mattie, melalui pengalaman bersama Cassie, nantinya pada masa depan akan menjelma menjadi Spider-Women dengan kekuatan masing-masing. 

Dalam kebingungan dan usaha saling beradaptasi, mereka harus mengalahkan terlebih dahulu, musuh misterius Ezekiel Sims yang tak henti mengincar Julia, Anya, dan Mattie. 

Meski Cassie bukanlah target Ezekiel, namun masa lalu keduanya menjadi sumber konflik yang tak kalah menyakitkan. 

Dengan setting tahun 90-an yang sangat dirindukan bagi generasi X maupun Y, dipenuhi berbagai rangkaian usaha seorang superhero perempuan menerima jati diri barunya, Madame Web tetap menghadirkan hiburan segar dengan kejutan khas bagi penggemar Spider-Man maupun komik Marvel. 

Tanpa ribet dengan konsep multi-universe, penonton diajak fokus pada pergulatan Cassie, yang tampak sangat anggun dan unik dibanding superhero pada umumnya. 

Bagi Johnson, kesempatan untuk menciptakan sebuah karakter dalam bentuk superhero Marvel, tetapi sama sekali tidak seperti yang lain, sangat menarik. 

Menurut aktris utama Dakota Johnson, proyek ini menawarkan kesempatan penuh dengan aksi seperti film Marvel lainnya, tetapi dibangun di sekitar thriller ketegangan psikologis. 

"Saya sangat tertarik dengan hubungan yang ia miliki (Madame Web), dengan tiga perempuan yang lebih muda - bagaimana ia menjadi sosok ibu bagi mereka sambil memberdayakan mereka untuk menemukan kodrat mereka yang sebenarnya sebagai Spider-Women," terang Johnson.

Sementara itu bagi sutradara SJ Clarkson, pesona Madame Web terletak pada pikirannya sebagai kekuatan super.

"Salah satu kalimat dalam film ini adalah, 'kekuatan pikiran Anda memiliki potensi yang tak terbatas'. Dan saya pikir hal itu begitu kuat dan dahsyat - hal yang luar biasa untuk dapat dieksplorasi dalam sebuah film," kata Clarkson yang berkarya di AS dan Inggris. 

Bagai suatu sesi perkenalan, Madame Web menjadi pengalaman perdana yang manis dengan superhero baru.