BAZNAS RI Terjunkan Tim BTB Bantu Korban Banjir di Jambi dan Bandung

ANP • Saturday, 13 Jan 2024 - 13:54 WIB

JAMBI - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menerjunkan tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) untuk membantu korban bencana banjir di dua wilayah di Jambi dan Bandung.

Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan menyatakan, tim yang diterjunkan segera melakukan assesment pada lokasi terdampak, lalu memberikan bantuan yang dibutuhkan bagi para korban dan lokasi terdampak.

"Banjir yang terjadi Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh langsung direspons oleh tim gabungan BTB sejak Kamis (11/1). Tim gabungan terdiri dari BTB Pusat, BTB Provinsi Jambi, BTB Kab. Kerinci, dan BTB Kota Sungai Penuh," ujar Saidah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (13/1/2024).

Saidah mengungkapkan, tim BTB memberikan layanan kepada warga terdampak. Layanan yang diberikan antara lain mendistribusikan bahan makanan untuk dapur umum yang ada di Desa Koto Dian, Kec. Keliling Danau, Kab. Kerinci dan sebanyak 300 paket sembako di Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci, Jambi. 

"Di hari kedua respons bencana banjir, tim BTB kembali memberikan layanan berupa pembukaan pos dapur air di kantor Exs DPRD Desa Simpang Tiga, Kec. Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh," katanya.

Dia mengimbuhkan, tim juga berhasil mendirikan pos dapur umum yang kedua, yaitu di Desa Lubuk Suli, Kec. Depari Tujuh, Kab. Kerinci, sekaligus mendistribusikan makanan siap saji ke wilayah tersebut. 

"Tim berhasil mendistribusikan logistik sembako di wilayah Kec. Danau Kerinci dan Kec. Danau Kerinci Barat, Kab. Kerinci sebanyak 191 paket. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar," ucapnya.

Selain menerjunkan tim ke wilayah banjir di sejumlah lokasi di Provinsi Jambi, lanjut Saidah, BAZNAS juga mengirim personel aksi resik BAZNAS untuk membantu korban banjir di Kota Bandung.

"Kita juga mengirim personel untuk aksi resik dampak banjir bandang yang melanda Kota Bandung pada Jumat (12/1/2024). Banjir yang terjadi tersebut mengakibatkan puluhan rumah terdampak akibat diterjang air dengan material yang dibawanya," katanya.

Saidah mengungkapkan, tim BTB Kota Bandung turun ke lokasi memberikan layanan dengan aksi resik rumah-rumah warga yang terdampak bersama potensi/lembaga yang lain. 

"Adapun kegiatan aksi resik BAZNAS membantu membersihkan rumah-rumah warga dilakukan di sekitar wilayah Jl. Braga, Gg. Apansi, RW. 08, Kota Bandung, Jawa Barat," tambah Saidah.