Kadin Indonesia Gelar Dialog Ekonomi Bersama Capres, Fokus Pada Visi Indonesia Emas 2045

LAN • Friday, 12 Jan 2024 - 20:28 WIB

Jakarta - Kadin Indonesia berkolaborasi dengan Kadin DKI Jakarta, dan didukung oleh TV One akan menggelar Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, pada Kamis 11 Januari 2024. Acara yang dihelat di Djakarta Theater bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pelaku usaha dan publik mengenai visi dan misi serta program ekonomi para calon Presiden RI 2024-2029 dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. 

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, perekonomian Indonesia saat ini menghadapi sejumlah tantangan baik dari luar maupun dalam negeri. Adanya potensi perlambatan ekonomi dan kenaikan inflasi global, hingga perubahan iklim ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional. Sementara tantangan dari dalam negeri berkaitan untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam perhelatan pemilihan umum 2024 agar tercipta iklim usaha yang kondusif.

“Pemilu tahun 2024 merupakan momentum penting bagi pelaku usaha, bisnis, dan investasi di Indonesia. Melalui dialog Capres bersama Kadin, dunia usaha menggarisbawahi pentingnya pelaksanaan transisi kepemimpinan yang damai, mengingat tantangan perekonomian dari dalam dan luar negeri turut mempengaruhi target pertumbuhan perekonomian, bahkan pencapaian visi Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, visi, misi, maupun program ekonomi yang ditawarkan para Capres diharapkan oleh dunia usaha dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan bisnis serta sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045,” ujar Yukki. 

Yukki melanjutkan, Kadin berharap Pemilu 2024 berlangsung secara adil, jujur dan damai sehingga stabilitas nasional terjaga dan kondusif. Melalui acara dialog capres ini Kadin Indonesia juga ingin menyatakan komitmennya sebagai organisasi dunia usaha yang netral serta inklusif, dimana dialog yang terlaksana ini melibatkan berbagai asosiasi industri lintas sektor, perusahaan anggota, dan para pengusaha daerah. 

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Anindya Bakrie menyatakan, dialog ini menunjukkan komitmen Kadin sebagai organisasi yang mewadahi dunia usaha Indonesia untuk selalu menghadirkan ruang dialog inklusif yang mewakili berbagai sektor dan kepentingan dalam masyarakat. Hal ini merupakan salah satu bukti sikap Kadin Indonesia yang mendukung proses demokrasi dan menjalankan tugas sebagai mitra strategis pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi.

Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi mengungkapkan, dialog ini dirancang untuk menjembatani kebutuhan para pengusaha di tingkat daerah dengan calon pemimpin negara. 

“Kadin mendorong agar dunia usaha dapat memiliki daya saing global, khususnya melalui inisiatif pembangunan agar kota atau daerah di Indonesia dapat berdaya saing global. Dalam konteks inilah, Kadin DKI Jakarta turut antusias memberikan masukan dan pandangan dunia usaha perkotaan yang dapat digunakan oleh para capres, dimana Kadin Daerah yang berada di 34 Provinsi turut berkontribusi serta ingin menyaksikan langsung peran strategis Kadin pada visi dan misi Capres,” ungkap Diana. 

Sebagaimana diketahui, Kadin Indonesia telah membuat peta jalan (roadmap), yang menjadi panduan bagi dunia usaha dan pemerintah untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045. Peta jalan yang dibuat Kadin Indonesia menekankan pada empat pilar, yaitu ketahanan pangan dan kesehatan, kesejahteraan, inklusivitas, serta keberlanjutan.