Anak Muda Antusias Sambut Gratisin, Program Internet Super Cepat, Gratis dan Merata Ganjar

ANP • Monday, 1 Jan 2024 - 22:10 WIB

SEMARANG - Satu persatu program unggulan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo diluncurkan. Usai melaunching program satu keluarga miskin satu sarjana di Wonogiri dan SMK Gratis Lulus Langsung Kerja di Sukoharjo, kini Giliran Ganjar melaunching Gratisin, program internet super cepat, gratis dan merata.

Bersama para influencer nasional seperti Fuji, Thariq Halilintar, Harris Vrza, Iqbal dan lainnya, Ganjar melaunching program unggulannya itu di Borsumy Heritage Kota Lama Semarang, Senin (1/1/2024). Ratusan anak muda Semarang Raya menyambut dengan gegap gempita.

"Ini program yang anak muda butuhkan, pak Ganjar emang paling paham apa yang kami inginkan," ucap Ardian (20), salah satu peserta.

Ardian mengakui, internet di Indonesia masih kalah jika dibanding dengan negara lain. Selain kecepatannya yang masih lemot, penyebaran juga tidak merata.

"Jangankan di daerah terpencil luar Jawa, di Jawa saja masih banyak daerah yang masuk blank spot. Padahal semua sekarang serba digital, dan internet menjadi kebutuhan yang mendesak dipenuhi," tegasnya.

Rio (17) salah satu pelajar Kota Semarang pun menyambut gembira program Gratisin Ganjar. Menurutnya, program itu sangat membantu masyarakat khususnya yang memiliki anak usia belajar.

"Kami sekarang kebutuhan internet untuk belajar sangat tinggi. Seminggu bisa Rp100.000. Saya sendiri tidak sanggup, sampai minjam wifi tetangga hanya untuk kerjakan tugas," ucapnya.

Dengan program internet super cepat, gratis dan merata ini, maka ia tak perlu bingung mengakses internet lagi. Selain mendukung belajar mengajar dan meringankan beban orang tua terhadap kuota internet anaknya, program ini lanjut Rio juga bisa menjembatani kreasi anak muda Indonesia di industri digital.

"Sudah tepatlah. Ini program yang manfaatnya pasti banyak dirasakan masyarakat," ucapnya.

Gratisin merupakan program yang digagas Ganjar untuk mempercepat kemajuan bagi Indonesia. Dengan internet super cepat, gratis dan merata, diharapkan banyak kreasi dan inovasi anak muda di bidang digital akan tumbuh.

"Salah ciri negara maju itu internetnya cepat. Sementara internet kita masih jauh tertinggal dibanding Singapura misalnya. Banyak daerah yang belum ada akses internet, padahal ini dibutuhkan rakyat," ucap Ganjar.

Ia memilih menggratiskan untuk pelajar dengan alasan untuk membuka akses informasi selebar-lebarnya pada mereka. Dengan cara itu, maka anak-anak bisa belajar dengan nyaman dan tenang tanpa kebingungan beban pembelian kuota.

"Selain untuk pelajar, tadi juga diusulkan gratis untuk pelaku UMKM. Usulan yang menarik karena UMKM kita memang butuh untuk pemasaran digital dan akses internet itu," pungkasnya.

Selain internet super cepat, gratis dan merata, Ganjar juga akan membagikan laptop gratis untuk 53 juta siswa di seluruh Indonesia. Dengan program itu, maka para pelajar akan mendapatkan kemudahan, baik dari segi jaringan maupun peralatannya.