Bangun Reputasi, Untar Jalin Hubungan Baik dengan Media

AKM • Wednesday, 27 Dec 2023 - 05:29 WIB

Jakarta - Media menjadi bagian penting dalam membangun reputasi Universitas Tarumanagara (Untar), terutama dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat akan berbagai prestasi yang dicapai.

Kepala Kantor Humas Untar Dra. Paula T. Anggarina, M.M. mengatakan relasi dengan media yang telah dijalin Humas Untar sejauh ini telah memberikan banyak hal positif.

“Sinergi dibangun bukan saja dalam hal peliputan, tetapi juga berbagai kegiatan seperti pelatihan penulisan, kunjungan media (media visit), kolaborasi kegiatan, media gathering, hingga beasiswa studi lanjut,” ujar Paula dalam acara media gathering di Tangerang, beberapa waktu lalu.

Dalam sambutan Kegiatan yang bertema “Relasi Media melalui Humas Perguruan Tinggi Swasta (PTS): Refleksi Menuju 2024” Paula mengatakan media gathering ini dilakukan untuk mengapresiasi dukungan rekan-rekan jurnalis sekaligus memperat silaturahmi dan membangun hubungan baik.

“Terdapat 418 berita Untar yang dirilis media massa sepanjang 2023. Hal ini merupakan salah satu bukti sinergi yang baik antara Untar dan media,” jelasnya.

Kahumas berharap relasi baik antara Untar dan rekan jurnalis dari berbagai media massa dapat terjalin terus dan memberikan kebaikan untuk kedua pihak.

Salah seorang jurnalis senior yang juga Ketua Forum Wartawan Pendidikan (Fortadik), Syarief Oebaidillah yang ikut serta dalam kegiatan ini, mengakui Untar melalui Kantor Humas telah membangun hubungan baik dengan media. 

“Humas Untar pantas mendapat Anugerah Humas pada Anugerah Diktiristek 2023 karena telah memiliki kinerja yang sangat baik,” tegasnya.

Dia juga mengapresiasi Untar karena setiap tahun rutin mengadakan kegiatan media gathering sebagai bentuk apresiasi dan sinergi dengan rekan-rekan media.

 “Kegiatan bersama seperti media gathering dapat membangun chemistryyang pada akhirnya akan berdampak positif,” ujar pria yang akrab disapa Ubay ini.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. berharap kolaborasi di tahun 2024 dapat terus bertambah. Menurutnya, masih banyak potensi kerja sama yang dapat dilakukan antara Untar dan media, yang dapat membawa perubahan positif untuk Indonesia dan dunia.

Kehumasan Untar didirikan di tahun 2013, Humas Untar pernah meraih penghargaan Top 5 PTS dengan Kehumasan Terbaik dan Terproduktif di Lingkungan LLDikti III tahun 2020. Perguruan Tinggi dengan Laporan Kinerja Media Sosial Terbaik tahun 2021, dan Bronze Winner untuk sektor Perguruan Tinggi kategori Media Sosial Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2023.

Pada Anugerah Diktiristek 2023, Humas Untar menerima tiga penghargaan sekaligus untuk kategori PTS, yaitu Gold Winner subkategori Laman dan Media Sosial, serta Silver Winner untuk Kahumas Untar Dra. Paula T. Anggarina, M.M. di subkategori Insan Humas.