Kedepankan Inovasi Terbaru, dr Ayu Widyaningrum Peroleh Penghargaan Nasional dan Internasional

ANP • Friday, 22 Dec 2023 - 12:32 WIB

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir ini, penghargaan demi penghargaan dari berbagai institusi kerap diterima oleh dokter ramah dan cantik yang mempunyai nama lengkap dr. Ayu Widyaningrum, MM, Magister AAAM dan Magister IBAM. Tak hanya dibilang Dermatologi  dan Estetika  saja, penghargaaan dalam kategori Sosial dan Budaya juga diraihnya.

Yang terbaru dalam beberapa bulan terakhir ini, dr Ayu kembali meraih penghargaan untuk kategori The Most Inspiring Doctor and Beauty Expert 2023 pada Oktober 2023 lalu yang berlangsung di Singapore Expo Convention & Exhibition Centre, Singapura. Dan mendapatkan penghargaan Highend Life  Style Award  untuk kategori Evolution of Beauty  dari Majalah Highend di awal Desember 2023 ini dan  penghargaan The Alpha Under 40 bulan November lalu bersama beberapa tokoh dan selebriti seperti Denny Sumargo, Cinta Laura, Felicia Anglista, Rizki Febrian dan lain-lain.

Pada Mei 2023 lalu di ajang Indonesia’s Beautiful Women bulan Mei 2023, dr Ayu menjadi salah satu penerima penghargaan dari 15 sosok perempuan Indonesia dengan latar belakang berbagai profesi dan usia. IBW tahun ini sendiri diselenggarakan mengusung tema ‘Women Impact Women’, sebagai wujud pemberian penghargaan kepada para perempuan inspiratif, sosok yang dinilai turut berkontribusi kepada masyarakat, berkat talenta-talenta yang dimilikinya.

“Penghargaan ini memacu saya menjadi sosok yang berguna untuk bangsa. Menjadi Dermatologi yang mempunyai tekad mengembangkan inovasi Dermatologi sehingga dokter Dermatologi Indonesia bisa dilirik karena   perkembangan inovasinya berkembang dengan bagus, dan menjadi inspiratif bagi teman sejawat,”ujar dr  Ayu.

Dikatakan oleh pemilik Widya Estetika Clinik yang berada di Banjarmasin  ini bahwa banyak tantangan di tahun 2023 ini usai pandemi yang ia rasakan.

“Tahun 2023 begitu menantang, namun syukurlah saya berhasil menjalaninya dengan baik. Karena, saya berusaha keras memacu diri memberikan terapi-terapi kecantikan yang tidak ketinggalan zaman dan terus mengikuti trend perkembangan dunia kecantikan terkini. Inovasi saya pun diterima di masyarakat dan klien-klien saya, mereka penasaran dengan treatment baru yang saya tawarkan dan tertarik mencobanya “ ujar dokter cantik kelahiran, Kotabaru, Kalimantan, 12 Agustus 1990. 

Pencapaian selama ini tentunya sangat membanggakan, karena keputusannya menempuh spesialisasi dokter dermatologi tak salah. Tak hanya bisa meriah yang terbaik untuk karirnya, ia pun banyak mempunyai waktu untuk ke empat buah hatinya.

Teknologi Biofiller dan Biocell Widya Aesthetic Clinic: Satu-satunya di Indonesia!

Bicara tentang inovasi di bidang klinik kecantikan, dr. Widya membuktikan diri sebagai pionir di Indonesia untuk teknologi Biofiller dan Biocell. 

“Teknologi atau perkembangan inovasi terbaru yang saya lakukan saat ini di Widya Aesthetic Clinic adalah Biofiller dan Biocell, ini adalah ilmu di mana kita mendapatkan bahan atau spesimen yang kita gunakan untuk aesthetic berasal dari tubuh pasien itu sendiri,” ungkap dr. Widya.

Kegunaan Biofiller seperti filler pada umumnya yaitu mengisi volume seperti pada kantong mata, smile line, dagu, pipi, dan temporal. 

Perbedaan dengan filler yang lain adalah Biofiller berasal dari spesimen darah atau lemak dari tubuh si pasien, yang diambil kemudian diolah sedemikian rupa dengan beberapa alat, sehingga hasilnya berbentuk gel yang mengandung grow factor atau steam cell yang siap ditransplantasikan ke jaringan yang kurang volumenya pada wajah.
Sementara itu, Biocell merupakan skin booster yang memiliki kandungan luar biasa berupa grow factor, plasenta bayi, embryonic cell, whitening, serta obat untuk pigmentasi dan pengencangan.

Biocell berfungsi menjaga skin quality, memperbaiki kerutan, pengencangan, menjadikan wajah glowing, pigmentasi, memutihkan kulit pasien, serta membuat wajah terlihat lebih muda dibandingkan usianya.

“Saya mengklaim bahwa Biofiller dan Biocell adalah satu-satunya di Indonesia, karena saya mempelajarinya di London lalu saya mengembangkan sendiri dengan alat-alat laboratorium di Indonesia untuk menciptakan Biofiller dan Biocell. Kedua teknologi ini tidak ada di klinik lain, pertama kali adalah di Widya Aesthetic Clinic. Ini adalah inovasi yang saya pelajari dari London,” papar dr. Ayu

“Biocell adalah nama yang saya berikan, karena di dalamnya ada racikan khusus sebagai booster untuk skin quality serta memperbaiki melasma secara signifikan. Dan Biocell sangat berbeda dari yang lain, itulah mengapa saya mengklaim ini adalah satu-satunya di Indonesia,” tegasnya.

Menurut dr. Ayu, investasi yang dikeluarkan tidak terlalu mahal mengingat alat-alatnya sudah dikembangkan di Indonesia. Hanya saja, belum ada dokter yang mengembangkan kedua teknologi aesthetic tersebut.

Adapun jika berbicara tentang keuntungan, dr. Ayu mengatakan bahwa prospeknya sangat bagus. Banyak pasien yang menyukai lalu kembali lagi dan lagi untuk melakukan treatment dengan Biofiller dan Biocell.

“Mereka mengatakan lebih suka Biofiller karena teknologi ini aman bahkan untuk penderita kanker dan autoimun karena spesimennya berasal dari tubuh si pasien sendiri, apalagi hasilnya bisa terlihat secara instan,” ungkap dr. Widya.

Untuk bisa bertahan dan unggul dalam bisnis aesthetic, ada dua hal yang ditekankan dr. Widya.

Pertama, aesthetic clinic harus punya inovasi yang berbeda agar tidak redup, jangan terlalu sama dengan yang lain. Kedua, harus ada batasan ilmu yang jelas antara aesthetic, kulit dan kelamin, serta surgery (bedah plastik). Namun intinya, semua harus bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Impian saya bagaimana integritas saya dengan penemuan inovasi-inovasi yang tidak ada di klinik mana pun di Indonesia bisa dikenal masyarakat luas. Jadi saya tidak akan berhenti akan terus belajar dan belajar menemukan bagaimana dunia estetika dermatologi ini bisa selain bisa kesehatan kulit juga peningkatan lifetysle. Memperbaiki tingkat sel sehingga proses penyakit degeneratif  bisa berkurang dan menghasilkan  kualitas hidup yang lebih baik,” pungkasnya.