Business Incubation Jadi Program Andalan KBC Ciptakan Para Pengusaha Sukses

FAZ • Friday, 22 Dec 2023 - 07:58 WIB

Jakarta - Dalam rangka memperkuat jaringan alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Keluarga Alumni Mahasiswa Atmajaya (KAMAJAYA) terus melakukan sejumlah terobosan dan inovasi antara lain dengan mengoptimalkan peran Kamajaya Business Club (KBC) yang mewadahi para pengusaha lulusan kampus tersebut.

Ketua Bidang KBC, Ir. Fransiscus Go, S.H menyampaikan, UAJY telah membidani lahirnya para alumnus yang sukses di berbagai sektor. Diantaranya sektor akademis, politik, bisnis dan sebagainya. Pria yang akrab disapa Frans Go ini berharap, KBC dapat menjadi kanal berkumpulnya para pengusaha lulusan UAJY.

"Sehingga bisa terbangun sinergi dan simbiosis mutualisme antara yayasan dan alumni, dimana nantinya yayasan bisa melahirkan lulusan yang punya daya saing, dan alumni bisa berkontribusi menguatkan yayasan. Diantaranya melalui program inkubasi bisnis," ujar Frans Go di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Divisi Mentorship KBC, DR. Pramudianto, S. TH., SE.,M.MIN.,M.M.,PCC menegaskan, program inkubasi bisnis atau business incubation yang akan dilaksanakan secara bertahap pada Januari dan Pebruari 2024 itu merupakan kerjasama KBC dengan Sevenpreneur adalah upaya menghadirkan kontribusi Profesional Business Center (PBC).

"Ini sebagai kawah candradimuka bagi para pengusaha startup yang kita harapkan program ini bisa melahirkan pengusaha-pengusaha muda berbakat khususnya alumni UAJY, dan umumnya bagi siapa saja sehingga bisa menjadi solusi pengentasan problem ekonomi dan lapangan kerja. Setidaknya KBC ke depan akan menjadi supplier pengusaha yang siap memajukan Atma Jaya Yogyakarta khususnya dan umumnya bagi Indonesia," kata Pramudianto.

Program yang diberi nama Business Incubation Batch 2 ini akan menghadirkan tiga fasilitator ternama dari Sevenpreneur yakni  Ivan Halim, Stanley Sebastian dan Joe William. kegiatan akan dibagi menjadi empat sesi dengan skema online dan onsite yaitu pada tanggal 26 Januari serta 2,9,24 Pebruari mendatang.

"Kegiatan ini akan dibagi pada empat sesi, pertama tanggal 26 Januari secara online materi yang disampaikan yakni mengenai Introduction to founder mindset & how to generate business ideas, Kedua secara online juga pada 2 Pebruari yaitu terkait Reseach, idea validation and findsing ISP," ungkapnya.

"Lalu sesi ke tiga pada tanggal 9 Pebruari materi yang disuguhkan mengenai Sales&Marketing Strategis and business operation, dan terakhir secara onsite di tanggal 24 nya materinya yaitu Business Fostering Growth," sambungnya.

Lebih lanjut Pramudianto menilai akan banyak benefit yang didapat peserta pada program inkubasi bisnis ini antara lain menambah pengetahuan dan kemampuan berbisnis, menambah jaringan, punya kesempatan mempresentasikan usaha di depan para calon investor dan lain-lain.

"Untuk kesempatan ini memang sangat terbatas karena kami ingin program ini mengedepankan kualitas. Kami batasi juga waktu pendaftarannya sampai tanggal 10 Januari 2024. Jadi silahkan calon peserta bisa menghubungi PIC kami di nomor 0881036479573 atas nama Kartika Namiko, atau 085757526338 atas nama Rina," pungkasnya.