TKN Fanta: Bersama Kawal Kampanye Positif dan Tidak Saling Menjatuhkan

ANP • Monday, 18 Dec 2023 - 13:45 WIB


Jakarta — Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda atau TKN Fanta Prabowo-Gibran menggelar talk show bertajuk “Peran Media dan New Media dalam Literasi Politik Pemilih Pemula/First Voters di Markas Fanta HQ, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12). Kegiatan ini diinisiasi oleh Fanta First Voters dan Fanta Digital, yang merupakan bagian dari TKN Fanta Prabowo-Gibran. Hadir Wakil Komandan TKN Fanta Prabowo- Gibran Ulta Levenia, Komandan Tim Fanta Digital Arif Angga, Content Creator Gen Z sekaligus Caleg DPRD DKI Jakarta Partai Gerindra Kevin Geraldi, dan anggota tim Fanta First Voters Muhammad Sadam Vito. 

Dalam sambutannya, Wakil Komandan TKN Fanta Prabowo Gibran Ulta Levenia Nababan mengatakan, talk show ini menunjukkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memberikan perhatian terhadap generasi Z, milenial dan pemilih muda. Ia menyebut, pasangan Prabowo-Gibran sangat serius ingin mencerdaskan anak muda dengan literasi politik dan bukan hanya sekedar joget Gemoy.

“Acara ini membuktikan bahwa Prabowo-Gibran serius dalam mencerdaskan para pemilih muda terutama pemilih pemula yang masih bimbang dalam pilihannya,” kata Ulta Levenia.

Wanita berlatar belakang Peneliti Terorisme ini menuturkan, TKN Fanta memiliki komitmen untuk membuat konten politik yang bermanfaat. Sehingga kata Ulta, hal tersebut bisa mendidik anak muda menjadi pemilih yang bijak di Pilpres 2024.

“Saya juga mengajak orang muda memilih Prabowo-Gibran karena dalam Asta Cita jelas keberpihakan Paslon nomor dua untuk anak muda yang mapan demi menyongsong Indonesia Emas 2045,” kata Ulta.

Di kesempatan yang sama Komandan Tim Fanta Digital Arif Angga mengatakan, telah pergeseran tren, di mana generasi muda lebih memilih media sosial dan new media dibanding media konvensional. Terlebih kata dia, saat pandemi pengguna internet bertumbuh mencapai 50 juta jiwa.

Ia mencontohkan Prabowo Subianto yang joget saat pengambilan nomor di KPU justru menjadi viral di Tiktok. “Pak Prabowo joget dikit di KPU malah viral, padahal Gemoy nggak ada kan. Awalnya ya cuman gara-gara ngambil nomor itu langsung betul dampaknya segitu cepatnya sebenarnya di media sosial. Jadi cara-cara baru ini sudah dilakuin di luar negeri juga,” kata Arif Angga.

Sementara itu, caleg yang juga kreator TikTok Kevin Geraldi atau yang dikenal dengan Kevin Nguyen menyampaikan, “Kita-kita anak Gen-Z ini, first voters, tidak bisa dipengaruhi dari sekadar baligho atau kampanye yang konvensional. Kita akan tergugah dengan gerakan yang relevan dan konkret, yang salah satunya bisa kita simak di digital media.”

Secara terpisah, Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan menilai talk show yang diinisiasi Fanta Digital dan Fanta First Voters sesuai semangat dan komitmen Prabowo-Gibran yang dengan Asta Cita-nya memiliki keberpihakan terhadap orang muda. Karena itu ia berharap orang muda bijak dalam memilih pemimpin yang berpihak kepada orang muda.

“Kami ingin orang muda bijak memilih pemimpin yang benar-benar berpihak terhadap generasi kita, yang dalam hal ini ada di pasangan nomor urut dua Prabowo-Gibran. Kita kawal Pak Prabowo dan Mas Gibran di Pilpres 2024. Bukan hanya kawal sampai menang, tetapi kawal juga setelah beliau-beliau terpilih, pastikan bahwa amanah serius urus (keberpihakan terhadap) orang muda," tutup Arief.