UNSIKA Siap Jalin Kerjasama Pertukaran Pelajar di Beberapa Universitas di Korea Selatan

LAN • Thursday, 14 Dec 2023 - 14:48 WIB

Seoul - Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) semakin mengukuhkan tekadnya untuk memperluas jaringan kerja sama internasional dengan melakukan kunjungan ke beberapa kampus di Korea Selatan.

Perjalanan ini dipimpin oleh Rektor, Prof. Ade Maman Suherman, M.Sc., dan didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Dr. Amirudin, serta beberapa Dekan yang mewakili berbagai fakultas yang ada di UNSIKA.

Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang, Prof. Ade Maman Suherman, M.Sc. mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan ini salah satunya adalah untuk menjalin kemitraan yang lebih erat dan menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) yang sebelumnya sudah ditandatangani dan juga mempresentasikan serta mempromosikan UNSIKA di kampus-kampus Korea Selatan.

"Adapun rencana yang kerja sama yang berpotensi untuk diimplementasikan oleh UNSIKA dan KSU, yaitu pertukaran pelajar untuk program studi S1 dan S2 di Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Komputer dengan konsep double degree 2+2 dan 3+1 dengan tawaran beasiswa dan bantuan living cost dari KSU." Tambahnya

Delegasi dari UNSIKA tiba di Negeri Ginseng pada tanggal 10 Desember 2023, di mana pada saat itu Korea Selatan sedang memasuki musim dingin. Temperatur udara di Korea Selatan pun mencapai angka 1oC. Namun, rasa dingin tersebut tidak menyurutkan semangat para delegasi untuk menghadiri undangan berdiskusi dengan kampus-kampus di negara ini.

Kunjungan pertama dilaksanakan pada hari Senin, 11 Desember 2023. Delegasi dari UNSIKA melakukan pertemuan dengan Kyungsung University yang terletak di Kota Busan yang berjarak sekitar 320 km dari Kota Seoul.

Kehadiran delegasi UNSIKA di Kyungsung University disambut oleh Dekan dari School of Hospitality and Tourism Management, Prof. Hak-Seon Kim, Ph.D., dan juga Wakil Dekan Bidang Akademik, Sandy Kyunghwa Nam-Jo.

Selain itu, 3 tenaga pengajar dari KSU pun siap untuk memberikan kuliah pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, khususnya di Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kegiatan diskusi antara kedua kampus ini pun diakhiri dengan sesi ramah tamah, foto, dan pembagian cinderamata khas dari kedua negara.

Pada hari selanjutnya, Selasa, 12 Desember 2023, delegasi UNSIKA melanjutkan perjalanan dari Kota Busan ke Kota Daegu menggunakan kereta. Kampus yang menjadi tujuan pada kunjungan hari kedua ini adalah Daegu Catholic University (DCU) dan juga Kyungpook National University (KNU).

Kunjungan delegasi UNSIKA ke DCU ini disambut oleh Sang-Wook Park, selaku manajer di Languange Education Institute dan Choi Gayoung dari bagian International Affairs.

Pada diskusi kali ini, selain menawarkan program pertukaran pelajar seperti KSU, DCU pun siap untuk memberikan pelatihan Bahasa Korea bagi mahasiswa atau pun alumni UNSIKA.

Setelah selesai kunjungan di DCU, delegasi melanjutkan perjalanan ke KNU, di mana salah satu dosen dan pimpinan Departemen Kimia KNU, yaitu Prof. Hye Jin Lee, sempat mengunjungi UNSIKA di awal tahun 2023 ini.

Delegasi UNSIKA berkesempatan untuk mengunjungii Kantor Internasional dan Departemen Kimia. Kampus KNU pun menawarkan beberapa program yang bisa diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari UNSIKA, di antaranya ada Internship Program, Summer and Winter School, Joint Conference, hingga beasiswa bagi dosen UNSIKA yang ingin melanjutkan studi doktoral.

Setelah mengunjungi Kota Busan dan Daegu, delegasi dari UNSIKA melanjutkan perjalanan kembali ke Kota Seoul untuk mengunjungi Hankuk University of Foreign Studies (HUFS).

Pertemuan kedua belah pihak dilaksanakan di College of Law HUFS, dan disambut oleh Prof. Dr. Hae-Cheol Byun selaku pimpinan dan Prof Hee-Moon Jo, Ph.D. selaku Direktur di University Library HUFS.

Tujuan dari kunjungan dan diskusi antara UNSIKA dan HUFS adalah untuk penguatan dan pengembangan Fakultas Hukum di kedua universitas. Selain itu, tim dari UNSIKA mengundang dosen dari HUFS agar bisa menjadi pembicara pada Konferensi Internasional FH UNSIKA yang akan dilaksanakan di tahun 2024.

Tujuan utama dari kunjungan ini pun adalah sebagai salah satu bagian dari perwujudan visi dan misi UNSIKA yang diharapkan bisa menjadi salah satu universitas yang dikenal secara global dengan berbagai program dan kerja sama internasional. Kamsahamnida, Korea Selatan!