FILM Napoleon, Biografi Sejarah yang Dipenuhi Detail Peperangan

MUS • Wednesday, 29 Nov 2023 - 19:00 WIB

 

Genre: Perang, Biopic
Sutradara: Ridley Scott - Black Hawk Down (2001), Gladiator (2000), Thelma & Louise (1991), House of Gucci (2021)
Pemeran: Joaquin Phoenix – Gladator, Joker; Vanessa Kirby - Mission: Impossible, Fast and Furious Presents: Hobbs and Shaw
Durasi: 2 jam 38 menit
Distributor: Sony Pictures Indonesia
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 29 November 2023

Datang dari bukan siapa-siapa, Napoleon Bonaparte menguasai segalanya

Napoleon diperankan pemenang Academy Award Joaquin Phoenix, di bawah arahan Ridley Scott, yang pernah menyutradarai Gladiator, Thelma and Louise, dan Black Hawk Down. 

Biopic sejarah ini, sekaligus menggambarkan perang yang seru dan meyakinkan dengan solidnya para pemeran, termasuk aktris Vanessa Kirby sebagai Josephine, kekasih sejati Kaisar Prancis tersebut. 

Ceritanya tentang kehebatan dan sisi gelap Napoleon yang menjadi kontroversi. Mulai dari caranya berkuasa, strategi militer, intrik politik, karakter, sampai kisah asmaranya.

Tak kenal ampun dalam perang, Napoleon juga dikenal seorang tiran di negaranya, namun juga sosok pembebas pada Revolusi Prancis, yang datang dari masyarakat biasa. 

Napoleon menjadi salah satu orang pertama dalam sejarah yang membuktikan, bakat kepemimpinan bisa datang dari kelas mana pun. 

Kesuksesannya di medan perang telah menjadi legenda. Kita sering mengaitkannya dengan pemenang pertempuran hebat, tanpa pernah terbayang jalannya peperangan tersebut.

Di layar lebar ini, penonton diajak masuk ke perang darat terkenal yang menjadi spesialisasi Napoleon, di antaranya:  di Toulon, Austerlitz, Waterloo, dan masih banyak lagi. Lengkap dengan pasukan tak cuma dari Prancis tetapi juga Austria, Rusia, dan Inggris. 

Bagi sutradara Ridley Scott, ketertarikannya untuk mengeksplorasi sisi psikologis karakter Napoleon, muncul seperti saat dia menggambarkan pertempuran epiknya. 

“Saya rasa salah satu alasan orang masih terpesona dengan Napoleon adalah karena ia begitu rumit. Tidak ada cara mudah untuk mendefinisikan hidupnya. Anda dapat membaca biografi untuk mengetahui apa yang terjadi, namun yang menarik bagi saya sebagai pembuat film adalah karakternya – melampaui sejarah dan masuk ke dalam pikiran,” terang Scott. 

Napoleon akan menjadi pengalaman menonton yang asyik bagi penggemar sejarah, atau mereka yang awam namun penasaran dengan kiprah tokoh besar, yang pernah menjadi jenderal sekaligus kaisar tersebut, dalam relasi romantisnya dengan Josephine.

Fans film perang juga akan terpuaskan dengan adegan demi adegan pertempuran, lengkap dengan strategi politik di baliknya. 

Sementara detail suara, musik Prancis, himne perang, kostum para aristokrat, serta detail istilah, maupun linimasa peristiwa yang dialami Napoleon, bisa dinikmati penonton yang terbiasa fokus pada biopic kolosal. 

Selebihnya, elemen sejarah dan artistiknya mampu menghidupkan kembali Napoleon, bagi penonton bioskop 17 tahun ke atas. (*)