Mahfud MD Mulai Kampanye Bawa Semangat Rakyat Aceh Pertahankan Keutuhan Tanah Air

ANP • Tuesday, 28 Nov 2023 - 19:15 WIB

SABANG - Mahfud MD lakukan kampanye pertama sebagai calon wakil presiden (cawapres) nomor 3 di wilayah Sabang, Aceh. Dalam momen tersebut, Mahfud MD menyampaikan bagaimana nasionalisme rakyat Aceh untuk Indonesia.

Dalam pidatonya, ia berkata bahwa rakyat Aceh di tahun 1930 pernah membuat sebuah lagu berbahasa Arab yang memiliki arti mirip dengan apa yang tercantum dalam Lagu Indonesia Raya. Mahfud menyebut kalau lagu tersebut menyerukan semangat rakyat Aceh untuk membela Tanah Air Indonesia.

“Wahai anak-anakku rakyat Aceh, bangsa kita ini jinsana adalah bangsa Indonesia. Bangun, bangun, bangun, dari tidurmu! Lihat itu tanah airmu sedang memanggil untuk perjuanganmu,” ucap Mahfud menggambarkan isi lirik lagu tersebut.

Dalam lagu yang dibuat rakyat Aceh itu pun dikatakan secara jelas oleh Mahfud bahwa Tanah Air Indonesia adalah orang tua ketiga yang menjadi harapan. Tanah Air adalah kebanggan dan kebahagiaan yang perlu dijaga di dalam diri, serta nurani masyarakatnya.

“Wahai tanah airku engkau adalah harapan hidupku dan angan-angan kebahagiaan dalam pandangan dalam diriku, hati nuraniku,” lugas Mahfud.