BNI Jadi Mitra Utama Wujudkan Keberhasilan Pembangunan IKN

ANP • Tuesday, 7 Nov 2023 - 22:29 WIB

Sepaku -  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI proaktif dalam rangka menyukseskan pembangunan infrastruktur berkelanjutan dan ekosistem keuangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. 

BNI telah menghadirkan *Outlet BNI* di Sepaku, Kalimantan Timur, yang akan menjadi mitra penting dalam menyediakan layanan keuangan *berbasis digital* dan menjalin sinergi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pembangunan IKN.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, BNI telah menjadi bank negara pertama yang menjalin kemitraan strategis dengan Otoritas IKN. 

"Kantor kami di Sepaku didedikasikan secara khusus untuk melayani kebutuhan pembangunan IKN. Kami terus berkolaborasi dengan unit-unit lain di dalam lingkungan IKN," ungkap Okki.

Selain itu, BNI telah mendukung sejumlah inisiatif, termasuk pemilihan logo, penyediaan ekosistem keuangan bagi pekerja di sektor pembangunan, hingga kampanye investasi ke Singapura.

BNI juga telah meluncurkan kartu multifungsi yang memudahkan para pekerja di IKN dalam pembayaran dan transaksi di lokasi hunian mereka. Hal tersebut merupakan komitmen BNI untuk menghadirkan layanan digital di kawasan IKN, sejalan dengan visi IKN sebagai smart city.

"Konsep IKN sebagai smart city sangat relevan dengan konsep yang dipegang oleh BNI, yang mencakup 6 konsep: smart people, smart governance, smart infrastructure, smart environment, smart economy, dan smart society," kata Okki.

*BNI telah menambah mesin-mesin digital, termasuk ATM CRM (cash recycle machine), DigiCS, dan berencana menambah BNI Sprint serta mesin lainnya guna memberikan kenyamanan bagi para nasabah di IKN.*

"Dengan berkembangnya pembangunan di IKN, kami akan terus meningkatkan jumlah layanan dan mesin digital di dalam lingkungan IKN," sebut Okki.

Bukan hanya itu, BNI juga memberikan dukungan penuh terhadap Program Kompas 100 CEO Forum 2023 dengan tema "Melaju Menuju Indonesia Emas." 

Acara ini berlangsung pada 1-2 November 2023 di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang juga merupakan pusat kegiatan IKN.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir turut meresmikan Persemaian Mentawir, Pembangunan Komplek Istana, serta Groundbreaking Komplek Perkantoran Bank Indonesia. Direktur Institutional Banking BNI, Muhammad Iqbal, turut ambil bagian dalam peresmian ini.

"Dengan komitmen yang kuat ini, BNI menjadi mitra utama dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan IKN dan menjawab berbagai kebutuhan keuangan di wilayah ini. BNI siap untuk menjadi pelaku yang proaktif dalam mencapai visi pembangunan berkelanjutan IKN," pungkas Okki.