LAZ Rumah Yatim Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

ANP • Monday, 6 Nov 2023 - 18:10 WIB

JAKARTA - Lembaga Amil Zakat (LAZ) Rumah Yatim Indonesia menyalurkan bantuan kemanusiaan Palestina sebesar Rp400 juta melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI.

Penyaluran donasi kemanusiaan untuk Palestina ini diterima Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan S.Ag, MSi, di Aula Achmad Subianto Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Hadir, Deputi I BAZNAS RI M. Arifin Purwakananta, Deputi II BAZNAS RI Dr. Imdadun Rahmat M.Si, Kepala Divisi Penguatan Pengumpulan LAZ Nasional H. Abdul Kahfi, dan Kepala Divisi Penguatan Pendistribusian LAZ Nasional Tatiek Kancaniati.

"Kami berterima kasih kepada LAZ Rumah Yatim. Ini bukan bantuan pertama kepada Palestina. Kita juga selalu mengirim bantuan kepada Palestina, tapi memang untuk saat ini fokus kita ke Jalur Gaza," kata Rizaludin.

Menurut Rizaludin, bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan untuk Palestina merupakan upaya diplomasi kemanusiaan yang dilakukan BAZNAS untuk meringankan beban rakyat Palestina.

"Lewat diplomasi kemanusiaan ini, kami juga menyerukan Israel untuk menghentikan agresinya ke Palestina sehingga kami bisa menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Palestina. Mudah-mudahan ini bisa membantu, jadi sekecil apa pun bisa membantu masyarakat di Gaza," katanya.

Rizaludin berharap, serangan Israel ke Palestina segera dihentikan sehingga bantuan yang masuk bisa dimanfaatkan untuk membangun fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Direktur LAZ Rumah Yatim Indonesia, Nugroho Bejo Wismono mengatakan, bantuan kemanusiaan untuk Palestina adalah bentuk solidaritas bagi masyarakat Palestina yang menderita karena konflik berkepanjangan.

"Mudah-mudahan konflik di Palestina segera berakhir. Bukan hanya konfliknya saja, tetapi juga bangsa Palestina mendapatkan haknya untuk merdeka," kata Nugroho.

Dia mengungkapkan, bantuan kemanusiaan untuk Palestina dari LAZ Rumah Yatim Indonesia bukanlah yang pertama maupun yang terakhir. Katanya, bantuan akan terus digalang hingga Palestina mendapatkan haknya menjadi negara yang merdeka.

"Ini bukan pertama kali kami melakukan penghimpunan karena memang tragedi yang terjadi di Palestina bukan yang pertama kali. Kami berterima kasih kepada BAZNAS RI karena memfasilitasi penyerahan bantuan kepada masyarakat Palestina," tutur Nugroho.

Nugroho berharap bantuan yang disalurkan melalui BAZNAS RI mampu meringankan beban masyarakat Palestina, sehingga roda kehidupannya kembali normal.

"Mudah-mudahan dari apa yang disampaikan ini bisa mendorong masyarakat Indonesia yang lain untun membantu masyarakat Palestina, sehingga mereka bisa melanjutkan kehidupan seperti sedia kala," tambahnya.

BAZNAS mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada di bawah serangan Israel. Bantuan dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.