BAZNAS Serukan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

ANP • Thursday, 19 Oct 2023 - 16:24 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI konsisten mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Oleh karena itu, BAZNAS menyerukan bantuan kemanusiaan untuk korban konflik yang terjadi di Palestina. 

BAZNAS juga menyerukan agar konflik yang tengah berlangsung di Palestina segera dihentikan.

Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., menyatakan bahwa selama ini BAZNAS, sebagaimana pemerintah dan bangsa Indonesia, konsisten mendukung kemerdekaan Palestina.

"Konflik yang berkepanjangan hanya mengakibatkan korban berjatuhan semakin bertambah. Kami berharap agar konflik yang terjadi di Palestina segera dihentikan dan diselesaikan secara damai dan adil," kata Kiai Noor dalam keterangannya, Kamis (19/10/2023).

Kiai Noor mengutuk serangan Israel ke Palestina yang mengakibatkan jatuhnya ribuan korban, terutama dari kalangan masyarakat sipil.

"Mari kita mendoakan saudara-saudara kita di Palestina agar diberikan kekuatan oleh Allah SWT," imbau Kiai Noor.

BAZNAS juga melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu korban konflik akibat serangan Israel ke Palestina.

Kiai Noor mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama meningkatkan solidaritas kemanusiaan bagi warga Palestina.

"Bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia akan dapat meringankan beban warga Palestina, ujar Kiai Noor.

Namun demikian, mengingat konflik terbaru, bantuan BAZNAS untuk Palestina akan disalurkan mengikuti ketentuan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

Kemlu RI menyarankan, sementara ini bantuan dapat disalurkan melalui Komite Internasional Palang Merah (ICRC) karena lembaga kemanusiaan masih belum diperkenankan masuk ke Gaza.

ICRC merupakan organisasi internasional yang bertujuan menjamin perlindungan dan bantuan kemanusiaan bagi korban konflik bersenjata dan situasi kekerasan lain.

Sebelumnya, BAZNAS rutin menyalurkan bantuan kepada rakyat Palestina, baik dalam bentuk barang kebutuhan dasar seperti bahan pangan dan kebutuhan rumah tangga, maupun bantuan dalam bentuk lain.

"BAZNAS cukup lama memberikan penyaluran bantuan untuk rakyat Palestina, baik berupa dukungan moral maupun materi," kata Kiai Noor.

BAZNAS bahkan memberikan bantuan kepada para pengungsi Palestina yang ada di Yordania, Yerusalem, dan wilayah lain.

Dalam beberapa tahun terakhir BAZNAS aktif menyalurkan bantuan kepada warga Palestina berupa paket makanan, pelayanan kesehatan, beasiswa, sarana pendidikan, maupun bantuan lain.

"Saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan bantuan untuk masyarakat Palestina di tengah konflik yang melanda dan korban banyak berjatuhan," imbuh Kiai Noor.

BAZNAS juga mengajak lembaga-lembaga kemanusiaan di dunia untuk bergerak menggalang dana kemanusiaan untuk Palestina.

Di sisi lain, BAZNAS juga terus mendukung upaya pemerintah Indonesia dan dunia untuk mendorong agar akar persoalan konflik Palestina-Israel segera diselesaikan sesuai ketentuan yang telah disepakati.