Ratusan Mahasiswa dan Dosen Polimedia Pecahkan Rekor MURI Doodel Art Terpanjang

ANP • Saturday, 7 Oct 2023 - 23:01 WIB

Jakarta - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) sukses memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk doodle art sepanjang 500meter.  Rekor ini diraih dalam rangka dies natalies Polimedia ke-15 yang digelar di Kampus Polimedia, Jakarta pada hari ini, Sabtu, 7 Oktober 2023. Pemecahan rekor MURI ini merupakan bentuk kolaborasi lebih dari 450 mahasiswa, dosen, serta tenaga pendidik yang ada di Politeknik Negeri Media Kreatif. 

“Inisiatif untuk memecahkan rekor MURI dari segenap civitas akademik Polimedia merupakan simbol komitmen Polimedia sebagai perguruan tinggi vokasi yang berorientasi pada industri kreatif. Kami di Polimedia akan terus mendorong civitas akademik di sini, baik dosen, mahasiswa, maupun tenaga pendidik untuk terus berkolaborasi agar semakin tercipta lingkungan akademis yang mampu menjawab perkembangan zaman.” Kata Direktur Polimedia, Dr. Tipri Rose Kartika di sela-sela penciptaan doodle art terpanjang. 

Senada dengan hal tersebut, Hari Purnomo, Kepala Unit Desain mengatakan Doodle Art ini dibuat dengan dominasi warna hitam-putih. Ia mengajak para mahasiswa untuk mencurahkan ide-ide kreatif melalui Doodle Art yang dituang dengan gaya se-ekspresif mungkin.

"Ide-ide kreatif dituangkan melalui Doodle Art dengan nuansa hitam-putih oleh mahasiswa sehingga mereka mampu mengeksplore kreativitas masing-masing", jelas Hari.

Selain itu, Tipri juga menyampaikan bahwa di usia yang ke 15, Polimedia telah memiliki 22 program studi yang berada di tiga kampus, yakni Jakarta, Medan, dan Makassar. Secara keseluruhan, semua jurusan didorong untuk terus berinovasi agar bisa menjawab kebutuhan industri dan perekonomian nasional secara umum. 

“Berdasarkan hasil penelusuran lulusan, saat ini lulusan Polimedia sudah lebih dari 70% bekerja di Industri, 6% melakukan wirausaha, dan 6% lainnya melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Ini merupakan capaian agar masyarakat dapat melihat bahwa lulusan perguruan tinggi vokasi yang cepat terserap oleh industri" jelas Tipri.

Penciptaan doodle art sebagai salah satu rekor MURI merupakan bagian dari rangkaian dies natalies Polimedia ke 15 yang jatuh pada 8 Oktober 2023. Selama 1 pekan ke depan, Polimedia mengadakan berbagai pekan kreatif dalam bentuk festival kreatif Politeknik tingkat Nasional, cosplay funwalk, ekspo kewirausahaan, pameran hasil riset dan pengabdian masyarakat, serta malam penghargaan civitas akademik Polimedia sebagai bentuk apresiasi bagi insan akademik di Polimedia. 

“Dengan tajuk Bineka dalam Karya Menuju Polimedia Bangga, diharapkan dies natalis Polimedia ke 15 ini menjadi langkah Polimedia menuju usia remaja, di mana kontribusi karya bagi Indonesia semakin dibutuhkan di masa yang akan datang.” ucap Ketua Dies Natalis Polimedia ke-15, Zaenab.

Polimedia sebagai perguruan tinggi vokasi yang berorientasi pada industri kreatif telah berdiri 15 tahun. Sejak revitalisasi dari Pusat Grafika Indonesia, Polimedia telah melahirkan lulusan terbaik dalam mengembangkan industri kreatif.