Sumut Dipercaya Jadi Tuan Rumah Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah

MUS • Friday, 6 Oct 2023 - 17:04 WIB

Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dipercaya menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah (PIP). Rapat ini akan dihadiri 38 perwakilan provinsi dan 514 perwakilan Inspektorat Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Sumut dipercaya menjadi tuan rumah Rakornas PIP karena dianggap berhasil secara signifikan meningkatkan pencegahan korupsi dan layanan publik. Untuk pencegahan korupsi di tahun 2022, Sumut berada di peringkat keempat, sedangkan untuk layanan publik secara nasional berada di posisi lima besar.

“Ada peningkatan signifikan setelah kita bekerja keras dari tahun 2019, jadi teman-teman dari provinsi lain memberikan kepercayaan dan mereka juga ingin melihat langsung seperti apa cara Sumut membenahi diri yang sebelumnya peringkat 20-an sekarang di lima besar terbaik,” kata Inspektur Daerah Provinsi  Sumut Lasro Marbun saat konferensi pers yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, di Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Jumat (6/10).

Menurut Lasro Marbun, ini kesempatan Sumut untuk menunjukkan perubahan besarnya kepada daerah lain. Selain itu, juga untuk mempromosikan berbagai potensi Sumut, baik potensi pariwisata, ekonomi, dan lainnya.

“Sebanyak 514 perwakilan inspektorat itu tidak sedikit, ditambah perwakilan provinsi, satu Pemda menugaskan tiga orang saja berarti hampir 2.000 yang akan datang ke daerah kita, tentu ini potensi menambah perputaran uang di Sumut, khususnya bidang perhotelan, wisata, kuliner dan lainnya dan juga kesempatan kita memperkenal daerah kita,” kata Lasro Marbun, didampingi Sekretaris Inspektorat Daerah Sumut Murdianto dan Sekretaris Dinas Kominfo Achmad Yazid Matondang.

Acara ini akan berlangsung tanggal 9-10 Oktober di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Medan. Acara ini juga akan dimeriahkan artis ibu kota asal Medan, Lyodra Ginting.

“Selama dua hari para tamu kita akan berada di Sumut, kita harap mereka betah dan membawa cerita indah ke daerah masing-masing, ini butuh kerja sama kita semua, memberikan kesan yang baik kepada mereka, kalau mereka betah mudah-mudahan menambah waktu mereka di sini,” kata Lasro Marbun.

Bukan hanya Rakornas PIP, Sumut juga akan disambangi Roadshow Bus KPK 2023, pada 25-29 Oktober. Lasro Marbun juga berharap kegiatan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap pencegahan korupsi di Sumut.

“Setelah Rakornas PIP kita juga kedatangan Bus KPK yang melakukan roadshow di Pulau Sumatera, mudah-mudahan kegiatan-kegiatan ini berjalan lancar dan bisa kita manfaatkan maksimal,” kata Lasro Marbun.