Belajar dari Kebakaran Museum Nasional, Jangan Berlakukan Museum seperti Tempat Penyimpanan Barang

MUS • Tuesday, 19 Sep 2023 - 15:00 WIB

Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS Ledia Hanifa Amaliah menanggapi peristiwa terbakarnya Museum Nasional yang terjadi pada Sabtu (16/9/2023). 

Ledia menegaskan, seharusnya Pemerintah jangan memberlakukan museum seperti tempat penyimpanan barang.

Karena itu, Ledia meminta agar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) perlu memperkuat proteksi museum di Indonesia.

Dirinya tidak ingin peristiwa nahas tersebut terulang kembali di masa mendatang. Proteksi ini, baginya, krusial karena ia menyakini bahwa museum adalah pusat pembelajaran sejarah bagi generasi bangsa.

“Jangan sampai kita memberlakukan museum sebagai tempat penyimpanan barang. Pemeliharaan ini sangat penting karena kita melindung kebudayaan Indonesia. Saya pribadi sering kali mengatakan kepada Dirjen kebudayaan, museum itu harus jadi pusat sumber belajar bagi para siswa untuk mempelajari kebudayaan dan karakter bangsa,”‘ ungkap Ledia di Jakarta. 

Oleh karena itu, politisi Fraksi PKS itu berharap seluruh stakeholder terkait termasuk Kemendikbudristek untuk berkomitmen melindungi museum di Indonesia melalui regulasi dan implementasi yang efektif.

Harapannya, dengan adanya dukungan proteksi ini bisa terwujud penuh sehingga mata rantai sejarah bangsa Indonesia menjadi abadi tersimpan dalam museum-museum di Indonesia.

“(Ini) PR kita mari kita sama-sama agar memiliki kesadaran dan memberikan perhatian yang lebih besar dengan penganggaran yang memadai bagi museum-museum di Indonesia agar semua hal yang menjadi kekayaan dan khazanah budaya di Indonesia ini bisa terjaga dengan lebih baik lagi,” tandasnya.

Sebagai informasi, kebakaran telah terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9/2023) lalu pada pukul 20.00 WIB. Kemudian, berhasil dipadamkan oleh para petugas pemadam kebakaran sebelum pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima, kebakaran itu terjadi diduga adanya korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi.

Peristiwa kebakaran tersebut menghanguskan satu gedung dan sebuah bedeng pekerja. Walaupun begitu, sebagian besar koleksi di Museum nasional berhasil diselamatkan. Hingga saat ini, aparat kepolisian masih melakukan investigasi secara mendalam.