Dosen Ubhara Jaya Lakukan Pendapingan Pembukuan Keuangan Sederhana bagi UMKM Kuliner

ANP • Wednesday, 13 Sep 2023 - 15:23 WIB

JAKARTA - Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) melakukan Pengabdian Masyarakat dengan tema  Pendapingan Pembukuan Keuangan Sederhana bagi UMKM Kuliner Depan TMPN Kalibata, Kelurahan Duren Tiga, Pancoran Jakarta selatan.

Jumlah UMKM tersebut kurang lebih terdiri dari 50 pelaku, yang mayoritas model UMKMnya berupa usaha berjualan kuliner, baik makanan maupun minuman. UMKM tersebut buka pukul 17:00 sampai dengan pukul 22:00.

Pemateri Pengabdian Masyarakat yang merupakan Dosen Tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ubhara Jaya, Dr. Wastam Wahyu Hidayat, SE., MM. menjelaskan bahwa permasalahan UMKM Kuliner saat ini adalah kesulitan dalam permodalan atau perputaran modal.

"Meski laba harian selalu diperoleh, namun terkadang besaran laba tersebut seringkali habis atau tercampur dengan pengeluaran untuk mencukupi kebutuhan keluarga," ujar Wastam pada tim redaksi beberapa hari lalu.


Selain itu, Wastam menambahkan, Juga kesulitan bagi para pelaku UMKM untuk memperolah tambahan modal berupa kredit dari bank atau otoritas jasa keuangan karena Laporan keuangan tidak mumpuni.

Perlu diketahui, tempat pengabdian Masyarakat di llaksanakan di UMKM kuliner Depan TMPN Kalibata,RT.08 RW. 07,  Kelurahan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan pada hari Jum’at dan Sabtu, tanggal 25 dan 26 Mei 2023 lalu.

Selain Dr. Wastam Wahyu Hidayat, SE. MM, Pengabdian tersebut juga beranggotakan Widi Winarso, SE., MM. dan Rachmat Pramukty, SE.,M.Ak., Sedangkan sebagai peserta adalah 50 pelaku Usaha UMKM.

"Mayoritas mereka melakukan usaha berjualan kuliner baik makanan maupun minuman, dengan waktu buka  pukul 17:00 sampai dengan habis, yaitu sekitar pukul 22:00, pungkas Wastam.