Pasar Induk Beras Cipinang Siap Salurkan Beras SPHP Jakarta

MUS • Tuesday, 12 Sep 2023 - 09:33 WIB

Jakarta - Pemerintah akan menyalurkan beras operasi pasar atau program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) melalui Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

“Pemerintah terus melakukan upaya stabilisasi harga beras medium melalui Perum Bulog, baik dengan program Bantuan Pangan Beras (BPB) tahap kedua maupun dengan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan(SPHP), yang untuk wilayah DKI Jakarta akan dilakukan melalui PIBC,” kata Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi dalam kunjungannya ke Pasar Induk Beras Cipinang pada Senin (11/9/2023), 

Pedagang Beras PIBC mengharapkan program SPHP melalui Pasar Induk Beras Cipinang pada minggu pertama dapat menurunkan harga beras medium sebesar Rp.1.000,- per  kilogram.

Direktur Utama PT. Food Station Tjipinang Jaya (Food Station), Pamrihadi Wiraryo menyampaikan Food Station sebagai BUMD Pangan DKI Jakarta dan pengelola Pasar Induk Beras Cipinang siap melaksanakan penugasan dari Bapanas melalui Perum Bulog untuk memantau penyaluran beras medium SPHP  melalui PIBC.  

"Kami akan melakukan pendataan dan pemantauan kepada pedagang PIBC yang menyalurkan beras medium SPHP dengan menggandeng Satgas Pangan, sehingga beras medium sampai ke pasar turunan dan dibeli oleh konsumen akhir tidak melebihi HET yang ditetapkan Pemerintah yaitu Rp. 10.900,- per kilogram,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pamrihadi menyampaikan harapannya dengan Pemerintah menggelontorkan beras medium dalam program SPHP yang dilakukan melalui PIBC, dapat menurunkan harga beras medium, dimana per hari ini harga rata-rata beras medium IR 64 (III) di PIBC Rp. 12.500,- per kilogram atau sudah diatas HET.