Sambut Mahasiswa Baru UKI, Anggota DPD RI Teras Narang Ingatkan Tantangan Generasi Muda

FAZ • Saturday, 9 Sep 2023 - 11:54 WIB

Jakarta - Anggota DPD RI Provinsi Kalimantan Tengah yang juga Alumni FH Universitas Kristen Indonesia (UKI), Dr. A. Teras Narang, S.H. menyampaikan orasi dalam Sidang Terbuka Senat UKI, dalam rangka penerimaan secara resmi mahasiswa baru Program Pascasarjana, Sarjana, Diploma Empat, Diploma Tiga Tahun Akademik 2023/2024, di Ruang Aula UKI, Jakarta (08/09).

Dengan tema ‘Celebrate Your Diversity in Unity’, PKKMB UKI berlangsung dari tanggal 4 – 8 September 2023, di Universitas Kristen Indonesia, Cawang, Jakarta Timur.

Teras Narang menyampaikan orasi yang berjudul “Peluang dan Tantangan Generasi Muda di Era Masa Kini dan Mendatang’

Teras Narang merumuskan tantangan secara nasional dengan sebutan HE4F. Ini merujuk pada isu Health (Kesehatan), Education (Pendidikan), Food (Pangan), Fuel (Energi), Financial (Keuangan), dan Forestry (Kehutanan).

“Dengan memahami tantangan HE4F, diharapkan agar generasi muda tidak sekadar melihat tantangannya saja. Lebih dari itu untuk melihat peluang dibalik tantangan yang ada. Artinya, generasi muda khususnya yang dapat mengakses perguruan tinggi, didorong untuk menjadi inovator dan pelaku perubahan yang menjawab tantangan tersebut,” ujar Teras Narang di depan mahasiswa baru UKI.

Teras Narang berpesan bagi generasi muda khususnya yang kuliah termasuk di UKI, memiliki peluang memasuki pasar kerja yang kompetitif. Kendati demikian, perlu diingat bahwa akses pendidikan tidak cukup hanya sekadar memiliki ijazah. Di tengah era digital ini, generasi muda juga perlu memiliki 10 keterampilan sebagaimana dikemukakan oleh World Economic Forum.

“Keterampilan yang perlu dikembangkan di era industri 4.0 antara lain dapat memecahkan permasalahan rumit, berpikir kritis, memiliki kreativitas, manajemen sumber daya manusia, berkoordinasi dengan orang lain, memiliki kecerdasan emosional, dapat mengambil keputusan, berorientasi layanan, dapat melakukan negoisasi dan memiliki fleksibilitas kognitif,“ katanya.

Menurut Dewan Pembina Yayasan UKI ini, generasi muda adalah elemen penting dalam setiap perubahan. “Di tengah perubahan dunia dan dinamika kebangsaan yang dipengaruhi  oleh disrupsi teknologi menuju Indonesia Emas 2045, maka generasi muda sendiri menentukan nasibnya sendiri serta masa depan negeri,” tambahnya.

“Dengan memahami tantangan yang ada, generasi muda dapat menemukan kebutuhan masa depan dan memilih jalur alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Menggali ide, meningkatkan literasi dan keterampilan diri, serta melahirkan inovasi yang dibutuhkan untuk setiap masalah yang dilahirkan oleh tantangan bidang kesehatan, pendidikan, pangan, energi, keuangan dan kehutanan,” kata Teras Narang.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru UKI.

“Kita menjadi satu keluarga besar UKI dan saya sampaikan kepada mahasiswa baru bahwa kalian merupakan masyarakat yang beruntung karena telah memilih Universitas Kristen Indonesia. Bukan suatu kebetulan saat ini kita bertemu. Tuhan yang menganugerahkan pertemuan ini,” ujar Dhaniswara.

“UKI merupakan perguruan tinggi Kristen dengan akreditasi Unggul. Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dan potensi yang diberikan Tuhan bersama dengan institusi Unggul yaitu UKI,” kata Dhaniswara.