Saksikan Lomba Karapan Sapi Piala Panglima TNI, Pangdam Brawijaya: Pertunjukan Budaya dan Tradisi

FAZ • Sunday, 3 Sep 2023 - 16:23 WIB

Jakarta - Helatan perang bintang karapan  sapi Piala Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Bangkalan yang dihadiri ribuan penonton dari berbagai penjuru untuk merasakan sensasi menonton langsung karapan sapi. Lomba balap sapi yang menjadi ikon budaya lokal khas Madura mendapat apresiasi dari Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf yang digelar di lapangan R.P. M. Noer Bangkalan, Madura, Sabtu (02/09/2023).

“Karapan sapi, konsep balap sapi unik ini menawarkan petualangan dan keceriaan yang luar biasa. Tiap momentum adegan tidak pernah gagal mengundang decak kagum dan gelak tawa,” ujarnya

Kata Mayjen Farid Makruf yang juga putra asli Madura, acara ini memadukan tradisi, adrenalin, dan hiburan. Memberikan eksperimen kesenian yang segar dan autentik kepada para penikmatnya.

“Lomba Karapan Sapi Piala Panglima TNI ini bukan hanya tentang balap sapi. Ini adalah pertunjukkan budaya dan tradisi Madura itu sendiri. Dari makanan khas hingga barang kerajinan lokal, dari tarian tradisional hingga pemilihan sapi betinq dengan penampilan terindah. Semuanya menjadi bagian integral dari Lomba Karapan Sapi Piala Panglima TNI ini,” tuturnya dalam rilis dari Pendam V Brawijaya ini.

Menurut Mayjen Farid Makruf, karapan sapi di Bangkalan menjadi destinasi wisata yang ditunggu-tunggu. Baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, ini tidak lepas karena festival tersebut menghadirkan kekayaan budaya lokal yang dinikmati oleh semua generasi.

“Keseruan karapan sapi di Bangkalan sangat terasa. Pertunjukan yang menggabungkan keindahan tradisi dan seru balap sapi ini akan terus bersinar sebagai permata dari Bangkalan, Madura. Ini menunjukkan bahwa budaya lokal Indonesia dapat berdiri sejajar dan bahkan bersinar di kancah internasional,” ungkapnya.

“Acara Lomba Karapan Sapi Piala Panglima TNI bukan hanya menjadi hiburan semata namun juga menjadi wadah pelestarian budaya dan kebersamaan antara masyarakat dan pemerintah,” sambungya.

Diketahui, Lomba Karapan Sapi Piala Panglima TNI ini dimeriahkan oleh 48 pasang sapi yang terlatih, karapan sapi di Bangkalan memanjakan mata para penonton dengan adegan-adegan memukau.

Para joki berusia muda. Ada yang  berusia 9 tahun sampai 13 tahun. Mereka berhasil memacu sapi-sapi mereka dengan keterampilan luar biasa.