Polimedia Dampingi Digitalisasi UMKM

ANP • Sunday, 3 Sep 2023 - 09:53 WIB

Jakarta - Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) melakukan pendampingan kepada pelaku usaha mikro di wilayah bogor dalam hal pengembangan produktivitas usaha. Masalah besar yang dihadapi UMKM tersebut tidak terlepas pada perkembangan teknologi yang kian melesat. Polimedia melalui Tim Pengabdian Masyarakat membantu UMKM dalam meningkatlan produktivitasnya.

"Sebagai bagian dari Thridharma Perguruan Tinggi, Polimedia turun untuk mendampingi UMKM menghadapi masalah dari hulu ke hilir" ujar Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Polimedia, Yuyun Khairunisa.

Chessy salah satunya yang memiliki masalah hulu, yakni masih manualnya sistem pencatatan, sehingga menimbulkan kesalahan perhitungan bahan baku sehingga biaya produksi membengkak. Yuyun bersama tim memberikan sebuah solusi dengan menyediakannya aplikasi manajemen stok bahan baku sehingga Chessy bisa menghitung lebih akurat.

"Kami buatkan aplikasi sehingga dapat menjaga stock secara digital, selain itu juga kami siapkan fasilitasi whatsapp blast dan iklan media sosial sehingga pemasaran bisa lebih baik" jelas Yuyun.

Pengabdian masyarakat tersebut dapat terselenggara atas dukungan dari  Kemdikbud melalui Program Basis Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (BIMA) tahun 2023. Polimedia berkesempatan memanfaatkan program tersebut untuk menerapkan apa yang ada di kampus dapat dirasakan masyarakat. Pelaksanaannya pun dilakukan atas kolaborasi dosen, laboran, dan mahasiswa.

"Pengabdian ini dilakukan untuk menghasilkan berupa tulisan ilmiah, HAKI dan hal lain yang menjadi hilirisasi kepada masyarakat" jelas Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Polimedia, Handika Dany Rahmayanti.

Pemilik Chessy, Lely Natalia mengungkapkan bahwa pendampingan sejak bulan Juni lalu kini semakin baik. Mitra pengrajinnya kini bertambah menjadi 30 seiring dengan meningkatnya pesanan dari konsumen.

"Kami berterima kasih kepada Polimedia telah memberikan pendampingan ini, semoga dapat berkelanjutan agar UMKM naik kelas" ucap Lely.

Selain melakukan pendampingan, Tim Pengabdian Polimedia juga memberikan pelatihan digital marketing kepada para pelaku usaha di wilayah Desa Tegalwaru Bogor, Jawa Barat. Pelatihan ini meliputi sharing strategi digital marketing dan workshop pembuatan konten untuk promosi di media sosial.

"Kami juga membuka pelatihan ini, agar pengabdian ini memiliki luaran yang semakin luas, semakin banyak UMKM yang merasakan dampaknya" tutup Yuyun.