Segera Ambil Langkah Darurat, Cak Imin Protes Pemerintah Tak Serius Atasi Posisi

AKM • Monday, 28 Aug 2023 - 15:12 WIB

Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri Green Walk dan Jalan Sehat bersama ribuan warga Bekasi di Lapang Multiguna, Kota Bekasi, Minggu (27/8).

Cak Imin menyoroti tingginya polusi udara di wilayah Jabodetabek. Menurutnya, kualitas udara di Jabodetabek beberapa pekan terakhir ini sangat buruk dan harus segera diantisipasi.

"Hari ini ada komitmen Green Walk sebagai bagian dari upaya kita menggerakkan masyarakat, menolong diri kita sendiri atas fenomena cuaca yang begitu buruk," kata Cak Imin.

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini mengajak semua pihak untuk bersama-sama membudayakan hidup sehat untuk menekan tingginya polusi, khususnya di wilayah Jabodetabek.

Di sisi yang lain, ia juga mengingatkan pemerintah pusat maupun daerah untuk bertanggungjawab atas masalah tersebut. Ia meminta pemerintah untuk segera mengambil langkah darurat mengatasi polusi yang kian memburuk.

"Kita semua protes penanganan oleh pemerintah terhadap udara yang buruk ini tidak terlihat serius, tidak ada langkah-langkah emergency, padahal udara yang kita hirup di Jabodetabek ini emergency," tegas Cak Imin.

"Karena itu saya minta kepada pemerintah untuk segera mengambil langkah-langkah darurat, karena pernapasan kita sudah mulai darurat akibat unhealthy udara yang ada di Jabodetabek," sambungnya.

Sebagai langkah konkret, Cak Imin membagikan ribuan bibit pohon kepada seluruh peserta Green Walk. Ia juga mengajak seluruh kader PKB berkomitmen untuk menanam di wilayah masing-masing demi mewujudkan Indonesia sehat dan hijau.

"Masyarakat khususnya warga PKB harus menjaga lingkungan mulai dari menanam pohon, menghijaukan lingkungan, menghijaukan Indonesia," tukas Cak Imin.