BI Gelar Pekan QRIS DIY 2023, Dukung Akselerasi Pembayaran Digital

LAN • Monday, 21 Aug 2023 - 14:42 WIB

Yogyakarta - Kantor Bank Indonesia (BI) DIY menggelar Pekan QRIS DIY 2023 mulai 14 sampai 20 Agustus 2023. Pekan QRIS Nasional merupakan momentum kolaborasi untuk mendorong percepatan akselerasi transaksi pembayaran digital Indonesia di seluruh penjuru negeri yang digelar se serentak di 46 Kantor Perwakilan Daerah BI se-Indonesia.

Kepala Perwakilan BI DIY Ibrahim berharap melalui rangkaian kegiatan Pekan QRIS DIY 2023, akses pembayaran digital bagi masyarakat semakin meluas untuk mendorong terwujudnya inklusi keuangan. Terlebih ke depannya dengan peluncuran QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai) fitur QRIS kini semakin berkembang dari yang sebelumnya hanya bertujuan untuk melakukan pembayaran pada 17 Agustus 2023 lalu.

"Ke depan, BI terus berkomitmen untuk terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk Pemda, pelaku industri, dan masyarakat dalam rangka memperluas akseptasi QRIS dengan didukung berbagai inovasi fitur secara berkelanjutan dan perluasan kerja sama," ujarnya.

Rangkaian Pekan QRIS DIY 2023 sendiri didahului dengan kegiatan pre-event berupa onboarding merchant pada event tahunan Pasar Kangen Jogja 2023 pada 27 Juli hingga 5 Agustus 2023, bekerja sama dengan BPD DIY. Selain itu, BI DIY juga menggelar sosialisasi mengenai QRIS, Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, dan Pelindungan Konsumen Bank Indonesia pada sektor manufaktur di PT Mataram Tunggal Garment pada 12 Agustus 2023, bekerja sama dengan Bank Permata Yogyakarta. Rangkaian kegiatan pre-event ini berhasil mencatatkan 85 merchant baru dan 13.500 transaksi.

Melanjutkan rangkaian kegiatan pada 12-20 Agustus 2023, BI DIY menggelar berbagai kegiatan selama seminggu penuh untuk semakin mendekatkan QRIS kepada masyarakat. Dengan tagline “QRIS-nya Satu, Untungnya Banyak”, Pekan QRIS DIY dimulai dengan kampanye DigiTransJog (Digitalisasi TransJogja) yakni promosi naik Trans Jogja cukup dengan bayar Rp 1 yang berlangsung hingga akhir bulan.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan talkshow UMKM Go-Digital dan gelaran diskusi antara BI dengan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) bank dan nonbank DIY untuk mendorong akselerasi transaksi digital DIY, masing-masing pada 15 dan 16 Agustus 2023. Selain memudahkan transaksi UMKM, QRIS juga turut meningkatkan kemudahan masyarakat untuk membayarkan kewajibannya kepada pemerintah.

Pj. Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo memimpin High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Yogyakarta sekaligus melakukan soft launching Pembayaran Pajak dan Retribusi Terintegrasi melalui QRIS Dinamis, bersama dengan Deputi Kepala Perwakilan BI DIY Heru Saptaji dan Direktur Utama BPD DIY Santoso Rahmad. Bersama Pemda dan BPD DIY, BI juga menghadirkan promosi QRIS Experience Rp 1 pada kegiatan senam pagi yang dihadiri 500 ASN di Pendopo Wiyata Praja Kompleks Kepatihan pada 18 Agustus 2023.

Sebagai puncak Pekan QRIS DIY 2023, BI DIY menggelar selebrasi penutup rangkaian di Jogja City Mall (JCM) pada 19 hingga 20 Agustus 2023. Kegiatan yang digelar antara lain talkshow Pelindungan Konsumen bersama BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK).dan Bank Syariah Indonesia (BSI) kegiatan sosialisasi dan konsultasi mengenai produk pembayaran digital oleh PJP, pameran UMKM Go-Digital, wahana/games edukasi mengenai QRIS berbagai lomba dan hiburan.