Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Jakarta, Perkenalkan Pencegahan Kelainan Tulang Belakang

MUS • Tuesday, 8 Aug 2023 - 14:23 WIB

Jakarta - Dosen dan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta jurusan Fisioterapi, berkolaborasi dengan mitranya melakukan pengabdian masyarakat di SMP 5 Tangerang Selatan.

“Tema pengabdian masyarakat ini adalah Pendampingan anak sekolah SMP dalam pemeriksaan postur tubuh untuk mencegah kelainan tulang belakang di SMPN 5 Tangerang Selatan," ungkap salah satu anggota Tim Pengabdian Masyarakat, Suci Wahyu Ismiyasa, beberapa waktu lalu. 

Para siswa antusias mendengarkan paparan narasumber yang memberikan  pendampingan sekaligus pemeriksaan untuk melihat apakah ada kelainan pada siswa tersebut atau tidak.

“Kegiatan ini dibuat untuk dapat mengembangkan keilmuan fisioterapi kepada masyarakat dan memperkenalkan postur yang baik kepada siswa terutama kepada mitra tempat melakukan pengabdian Masyarakat," ungkap Widayanu Wahyningtyas, anggota tim lainnya. 

Sementara itu, Ika Fitri Wulan Dhari, menambahkan program pengabdian Masyarakat ini berjalan lancar, dengan tahapan awal siswa diberikan pretest, kemudian paparan tentang postur tubuh, setelah itu tahapan post test untuk mengukur tingkat pengetahuan mahsiswa terhadap materi yang diberikan. 

Diakhir paparan, mahasiswa melakukan pemeriksan umum seperti tinggi dan berat badan, sampai kepada pengukuran postur tubuh peserta.