Provinsi Sumut Berkomitmen Tingkatkan Literasi Digital di Masyarakat

AKM • Monday, 31 Jul 2023 - 13:57 WIB

Medan - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) berkomitmen untuk terus meningkatkan tingkat Literasi Digital di Masyarakat.

Salah satunya melalui penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital maupun Seminar & Workshop Pembentukan Pandu Digital Indonesia yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia.

"Kami berkomitmen bersama dengan Kadis Kominfo agar rekomendasi hasil dari acara ini dapat kami wujudkan," Ucap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Asren Nasution saat membuka acara Seminar & Workshop Pembentukan Pandu Digital Sektor Pendidikan di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Asren menambahkan agar seluruh Kepala Sekolah di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dapat mengikuti progam ini.

"Saya maunya seluruh kepala sekolah mengikuti program ini, kalau perlu kita pencar zonasinya. Ada yang di wilayah kepulauan, kita ke sana. kemudian ada juga yang di dataran tinggi," Tambahnya.

Sementara itu, Anggota DPD RI asal Sumatera Utara Dedi Iskandar Batubara mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi terbesar ke-4 di Indonesia dan provinsi terbesar di luar pulau jawa dengan jumlah penduduk lebih dari 15 Juta orang, serta memiliki wilayah yang tersebar dari mulai pinggir laut sampai ke pegunungan.

"Saya kira Sumatera Utara harus punya skema khusus agar semua anak negeri bisa terkoneksi dalam jaringan," Ucapnya.

Perwakilan dari Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Kemenkominfo, Frida Aprilia mengharapkan kegiatan pembentukan pandu digital dapat menjadi manfaat bagi stakeholder pendidikan di Sumatera Utara.

"Pembentukan pandu digital di Sumatera Utara sekarang ini diharapkan dapat melahirkan pandu-pandu yang akan menjadi perwakilan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai teknologi digital sehingga masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi saat ini," Tutupnya.

Kegiatan Seminar & Workshop pembentukan Pandu Digital Indonesia di Kota Medan diikuti oleh lebih dari 160 peserta yang terdiri dari tenaga pendidik di Sumatera Utara yang hadir secara langsung maupun daring dengan fokus SMK dan Perguruan Tinggi di wilayah Sumatera Utara. Adapun kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan Roadshow literasi digital sektor Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 2 Perguruan Tinggi di Wilayah Kota Medan dan sekitarnya, dengan target peserta 1.200 orang terpapar literasi.

Seminar & Workshop pembentukan Pandu Digital Indonesia dan Roadshow Literasi Digital Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023 dengan target 50 juta orang mendapatkan literasi digital hingga tahun 2024.