Dompet Dhuafa: LINE Forum Dorong Tingkatkan Kapasitas Penggerak Program Pemberdayaan Ekonomi

LAN • Thursday, 27 Jul 2023 - 19:13 WIB

Yogyakarta - Dompet Dhuafa, dengan dukungan Departemen Pengembangan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) serta Fakultas Ilmu Sosial Politik, Universitas Gadjah Mada (UGM), telah berhasil menginisiasi Local Leader in Empowerment (LINE) Forum, sebuah inisiatif bertekad untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas para penggerak program pemberdayaan ekonomi dan wirausaha sosial di seluruh Indonesia.

LINE Forum juga berfungsi sebagai wadah bagi para penggerak ini untuk berkolaborasi dengan jejaring yang lebih luas guna memperkuat dampak positif bagi masyarakat.

Dalam acara pembukaan LINE Forum yang berlangsung pada tanggal 26 hingga 28 Juli 2023, Krisdiyatmoko, Ketua Departemen PSdK Fisipol UGM, menyatakan pentingnya kolaborasi antara praktisi pemberdayaan dan akademisi dalam menguatkan aksi-aksi pemberdayaan di lapangan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

Dr. Wawan Mas'udi, Dekan Fisipol UGM, menyampaikan tiga kata kunci dari program LINE Forum yang menjadi fokus utama, yaitu Filantropi, Entrepreneur, dan Kolaborasi. Filantropi mencerminkan semangat berbagi untuk sesama, sedangkan kata Entrepreneur menekankan pentingnya penumbuhan usaha masyarakat.

"Kami memberikan 3 (tiga) kata kunci dari program LINE Forum. Pertama adalah Filantropi, semangat berbagi untuk sesama. Kedua, bicara tentang entrepreneur. Penumbuhan usaha masyarakat. Lalu, yang ketiga, adalah Kolaborasi. Fisipol UGM menyambut baik ajakan kolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan manfaat yang kuat bagi masyarakat," kata Dr Wawan Mas'udi

LINE Forum dihadiri oleh 30 peserta penggerak pemberdayaan masyarakat atau local leaders dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Mereka berperan sebagai inisiator lokal yang hidup di tengah-tengah masyarakat, memiliki pengetahuan mendalam, dan tinggi kepedulian terhadap permasalahan kemiskinan yang dihadapi oleh masyarakat di lingkungannya.

Para Local Leaders ini memiliki gagasan brilian untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengoptimalkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, peran Local Leaders menjadi salah satu faktor penting yang menunjang keberhasilan program pengentasan kemiskinan.

Mereka menjadi ujung tombak dalam mengubah konsep program menjadi aksi-aksi nyata yang efektif dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat. Oleh karena itu, LINE Forum digagas dengan tujuan untuk memperkuat upaya pengentasan kemiskinan yang telah diinisiasi oleh para Local Leaders, sehingga memberikan dampak yang kuat dan berkelanjutan bagi masyarakat.

Direktur Program Dompet Dhuafa, Bambang Suherman menyatakan bahwa LINE Forum merupakan salah satu strategi penting dalam mengembangkan program pemberdayaan.

"Melalui kolaborasi dengan para Local Leaders, forum ini menekankan hasil yang berorientasi pada dampak yang kuat dan berkelanjutan" Ujar Bambang

"LINE FORUM adalah salah satu strategi Dompet Dhuafa dalam mengembangkan program pemberdayaan, berkolaborasi dengan Local Leader, berorientasi pada dampak yang kuat dan berkelanjutan," tambahnya 

Dengan adanya LINE Forum yang inovatif ini, diharapkan kerjasama yang sinergis antara berbagai pihak, termasuk praktisi pemberdayaan, akademisi, dan Local Leaders, akan memberikan solusi-solusi efektif untuk mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

Semangat kolaborasi ini diharapkan akan menciptakan perubahan positif yang berarti bagi kelangsungan hidup dan kemajuan bersama.