Manfaatkan TKRPP, Srigan Gelar Suntik Vitamin C Gratis serta Penyuluhan dan Pemeriksaan Kanker Payudara

ANP • Wednesday, 26 Jul 2023 - 13:36 WIB

Jakarta - Relawan pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Srikandi Ganjarist (Srigan), menggelar pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan tentang bahaya kanker payudara hingga penyuntikan vitamin c secara gratis di rumah aspirasi sekaligus Sekretariat Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP),
Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2023) pagi.

Dikatakan Ketua Umum Srigan Seraphine Destina Nurani, vitamin c atau asam askorbat menjadi zat penting yang diperlukan untuk tubuh. Pasalnya, ada banyak manfaat dari jenis vitamin yang satu ini, baik itu untuk kulit maupun untuk kesehatan secara keseluruhan. Sedangkan pada diskusi kali ini, menggandeng Agustina Doren sebagi pemateri tentang bahaya dan pencegahan kanker payudara. 

"Kami ingin masyarakat menjadi sehat sekaligus menyampaikan program-program kerja bapak Ganjar Pranowo yang sangat bermanfaat.  Sebab suntik vitamin ini biayanya cukup mahal kalau kita lakukan dengan biaya sendiri. Apalagi, animonya sangat tinggi sehingga kami juga bersemangat membantu masyarakat," katanya.

Lebih jauh, Seraphine berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu kompak dan solid serta melakukan yang terbaik dalam memenangkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden.

Organisasi yang sudah berdiri sejak tanggal 22 Desember 2021 tersebut, dilanjutkannya, juga   memiliki agenda rutin 
setiap bulannya. Antara lain, yaitu potong rambut gratis dan pembagian sembako yang diadakan di sekretariat Srigan yang berlokasi di Legenda Wisata. 

"Relawan Ganjarist yang militan itu harus bisa bersatu, solid, kompak, untuk mendukung Pak Ganjar. Kita harus selalu berpikir yang baik, berprasangka yang baik, dan melakukan yang terbaik, pasti hasil semuanya adalah yang terbaik," tambahnya.

Sementara itu, Agustina Doren menambahkan pentingnya skrining pada payudara Di antaranya, dikatakannya lagi, mampu menurunkan jumlah kasus kematian akibat kanker payudara, menurunkan jumlah penderita kanker payudara.

Menurutnya lagi, kanker payudara merupakan penyakit yang sering kali tidak disadari kemunculannya. Hal ini membuat banyak pasien kanker payudara baru tahu bahwa ia mengidap penyakit ini setelah memasuki stadium lanjut. "Oleh karena itu, kita harus berbagi informasi sebagai salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Mengetahui informasi membuat kita bisa mendeteksi dini untuk perawatan lebih lanjut dan pencegahan komplikasi berbahayanya," paparnya

"Tujuan dari deteksi dini adalah mengidentifikasi kelainan payudara secepat mungkin. Jika kanker payudara ditemukan lebih awal, akan ada lebih banyak pilihan perawatan dan kesempatan untuk bertahan hidup lebih besar. Kanker payudara yang ditemukan dengan gejala cenderung lebih sulit disembuhkan ketimbang kanker payudara yang didiagnosis setelah pemeriksaan dini. Ukuran kanker payudara dan seberapa jauh penyebarannya adalah dua faktor terpenting dalam memprediksi seberapa besar pengaruh kanker payudara terhadap kesehatan," tambahnya.

Lebih jauh, dia menjelaskan, metode deteksi dini lain meliputi pengujian genetik dan tes biopsi cair. Sudah sejak lama disinyalir kalau pola dan gaya hidup berperan besar terhadap kemungkinan munculnya kanker. 

"Untuk itu kita harus menjalankan gaya hidup sehat seperti menjaga berat badan yang sehat, konsumsi makanan sehat, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, rutin olahraga, tidak merokok dan selalu dibawa senang atau gembira," pungkasnya.