Fasilkom UMB Kembangkan Aplikasi Untuk Mendukung Tertib Administrasi Sekolah

ANP • Monday, 24 Jul 2023 - 17:35 WIB

JAKARTA - Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Mercu Buana menunjukkan kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan anak usia dini dengan menggelar program pengabdian masyarakat bertema "Pemanfaatan Aplikasi dalam Mendukung Tertib Administrasi Sekolah." Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi inovatif dalam memudahkan dan meningkatkan efisiensi proses administrasi sekolah bagi para guru PAUD dan TK.

Kegiatan ini difokuskan pada kemudahan administrasi sekolah untuk guru PAUD dan TK. Peluncuran program tersebut berlangsung pada bulan Mei 2023, dengan antusiasme tinggi dari para para guru PAUD dan TK dari RA Al Hasanah yang berada di Jakarta.

Dosen dari program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Unvierstias Mercu Buana yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain Handrie Noprisson, Vina Ayumi dan Misbahul Fajri

Program pengabdian masyarakat ini dirancang khusus untuk membantu para guru PAUD dan TK dalam menghadapi beragam tugas administratif yang seringkali memakan banyak waktu dan tenaga. Melalui pemanfatan aplikasi online yang sudah ada dan mudah untuk digunakan, diharapkan para guru dapat mengelola berbagai aspek administrasi dengan lebih efisien dan mudah, sehingga mereka dapat lebih fokus pada proses pembelajaran dan pendampingan anak-anak.

Beberapa kebutuhan administrasi sekolah antara lain: Data Siswa: Aplikasi ini memungkinkan para guru untuk dengan mudah melakukan pendaftaran siswa baru dan memantau data siswa secara terpusat. Hal ini akan meminimalisir kesalahan data dan mempermudah akses informasi siswa secara cepat.

Rekam Jejak Pembelajaran: Aplikasi ini memungkinkan para guru untuk mencatat perkembangan belajar siswa dan menyimpannya dalam bentuk digital. Guru dapat dengan mudah melacak kemajuan siswa dalam berbagai aspek perkembangan.

Jadwal dan Absensi: Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengatur jadwal kelas dan sistem absensi elektronik. Guru dapat dengan mudah mengelola kehadiran siswa dan memastikan proses pembelajaran berjalan sesuai rencana.

Materi yang disampaikan pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini mendukung kebutuhan tersebut, diantara materi yang disampaikan adalah pembuatan daftar dan laporan nilai siswa dengan online spreadsheet editor, penyusunan laporan keuangan sekolah dengan mnggunakan microsoft excel dan pembuatan aplikasi daftar hadir dengan appsheet dalam format google docs

Dalam kegiatan ini diharapkan bahwa program pengabdian masyarakat ini menjadi wujud nyata kontribusi positif dosen bagi pendidikan anak usia dini dan kegiatan ini dapat membantu para guru PAUD dan TK dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkuat sinergi antara pendidikan dan teknologi.

Para guru PAUD dan TK yang mengikuti kegiatan ini merasa sangat terbantu dan diharapkan dapat menjadi solusi cerdas dalam menghadapi tantangan administrasi sekolah yang kompleks, sehingga memberikan dampak positif bagi perkembangan sekolah.