Kadin Indonesia Ajak Pengusaha Dukung Target Penurunan Emisi Nasional dan Dekarbonisasi Bisnis

LAN • Monday, 24 Jul 2023 - 16:50 WIB

Medan - Badan Logistik dan Rantai Pasok Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendukung langkah pemerintah untuk menurunkan emisi karbon dan mencapai target emisi nol bersih (net zero emission) di 2060. 

Sebagai bukti komitmen tersebut, Kadin Net Zero Hub (NZH) menerima dukungan dari berbagai instansi dalam dan luar negeri, termasuk Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) yang memberikan dampingan kepada perusahaan-perusahaan dalam upaya mengadopsi langkah-langkah berkelanjutan.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi dan Luar Negeri, Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, kegiatan semacam ini memiliki peranan penting dalam mempercepat upaya pengurangan emisi karbon di sektor swasta dan industri.

Melalui pemanfaatan jejaring di berbagai wilayah, Kadin berkomitmen untuk mencakup sebanyak mungkin perusahaan yang belum melakukan transformasi, agar mereka dapat menyadari betapa pentingnya mengurangi emisi karbon.

Shinta juga menjelaskan, bahwa transisi menuju ekonomi hijau merupakan salah satu strategi utama Indonesia untuk meningkatkan statusnya dan mencapai posisi sebagai negara maju, sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045. Komitmen Indonesia terhadap dunia untuk mencapai target emisi nol bersih pada tahun 2060, memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk sektor bisnis dan industri.

Ketua Kadin Net Zero Hub, Dharsono Hartono juga menyampaikan, bahwa Kadin NZH adalah platform bagi pelaku bisnis untuk ikut berperan dalam upaya pengurangan emisi karbon. 

Dalam usaha mempercepat pencapaian target tersebut, Kadin Indonesia berkomitmen melibatkan perusahaan yang beroperasi di Sumatera Utara untuk bergabung dalam program Kadin NZH, serta inisiatif Kadin lainnya untuk memfasilitasi bisnis dalam menjalankan komitmen mereka. (Deo)