Kadin Indonesia Dukung Peningkatan Efisiensi Ekosistem Logistik Nasional

LAN • Thursday, 20 Jul 2023 - 19:40 WIB

Jakarta – Badan Logistik dan Rantai Pasok Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengikuti pameran transportasi dan logistik terbesar di dunia, Transport Logistic Southeast Asia Exhibition, yang akan diselenggarakan di Sands Expo, Singapura pada tanggal 1-3 November 2023. 

Keikutsertaan ini merupakan langkah Kadin Indonesia dalam membangun ekosistem logistik nasional dan menjadi solusi rantai pasok global di masa yang akan datang.

Ketua Badan Logistik dan Rantai Pasok Kadin, Akbar Djohan mengatakan, event yang diikuti di singapura merupakan salah satu “road map” dari Kadin. Dengan kadin mengikuti event ini, ekosistem logistik nasional Indonesia akan naik hingga skala dunia.

“Event ini kita harapkan tidak selanjutnya hanya di Singapura tetapi bisa diadakan di Indonesia, jadi harapan kita di event ini akan ada pertumbuhan besar, seluruh stakeholder logistik termasuk goverment, sehingga ekosistem domestik kita akan bisa naik kelas ke global,” ucap Akbar.

Akbar mengungkapkan, event ini merupakan ajang show off bagi Indonesia, bahwa kompetitif logistik Indonesia bisa memberikan nilai tambah mengenai layanan kepada pengguna maupun market logistik di Indonesia dan menjadi peluang bagi pelaku di sektor logistik Indonesia dengan pelaku usaha Internasional untuk saling bertemu, tidak hanya membuka peluang untuk berbagi pengalaman dan membentuk jaringan, namun juga menciptakan kesempatan untuk berkolaborasi dan bersaing di pasar global.

Akbar menambahkan, untuk memperbaiki tata kelola logistik, diperlukan kolaborasi yang baik antara para pelaku industri dan pihak-pihak yang memiliki kepentingan, termasuk pelaku rantai pasok, transportasi, logistik, dan instansi pemerintah terkait. Sinergi ini sangat penting untuk mempermudah sistem kerja rantai pasok nasional melalui penerapan layanan digitalisasi. (Deo)