PEMILU.AI Platform yang Memudahkan Bacaleg dalam Tentukan Strategi Kampanye Politik

LAN • Thursday, 20 Jul 2023 - 16:21 WIB

JAKARTA - Platform yang akan membantu calon legislatif (caleg) dalam melakukan kampanye politik yang bernama PEMILU.AI resmi diluncurkan di Djakarta Theater pada 20 Juli 2023.

PEMILU.AI merupakan platform yang diluncurkan oleh Politicawave by Mediawave yang memanfaatkan teknologi generative artificial intelligence (AI) dan big data untuk memberikan solusi bagi para calon legislatif dalam meningkatkan efektivitas dan peluang kemenangan kampanye mereka melalui pengumpulan dan analisis data politik yang akurat dan komprehensif. 

Melihat perannya sebagai konsultan politik personal, PEMILU.AI dirancang menawarkan solusi strategi kampanye berdasarkan persona Caleg, kampanye microtargeting tepat sasaran, hingga strategi komunikasi kampanye pada konstituen

“Platform PEMILU.AI ini untuk membantu para caleg dan kami berharap dengan menggunakan platform ini demokrasi di Indonesia bisa menjadi lebih baik, kompetitif karena para caleg akan mempunyai kesetaraan dalam berkampanye. Kami juga ingin biaya politik di Indonesia bisa menjadi lebih turun,” Ucap CEO PEMILU.AI, Luky Djani dalam acara launching PEMILU.AI di Djakarta Theater (20/07/2023).

Dilihat dari sisi rekomendasi, PEMILU.AI dapat membantu Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, mendapatkan wilayah sasaran, target suara, rekomendasi strategi, kegiatan dan kelompok sasaran per kecamatan berdasarkan isu kritikal daerah pemilihan, serta rekomendasi berita online di daerah pemilihan. 

Kemudian jika dilihat dari sisi komunikasi kampanye, PEMILU.AI dapat merancang komunikasi kampanye mulai dari slogan, narasi pidato, caption media sosial, target sasaran iklan, dan desain APK, hingga dapat menyediakan aplikasi monitoring timses, yang dirancang untuk membantu calon legislatif meningkatkan peluang memenangkan pemilihan dalam kampanye mereka serta mengukur efektivitas tim sukses, dalam melakukan canvassing, penggalangan dukungan, dan kegiatan kampanye. 

Yose Rizal, selaku Founder Pemilu.AI menegaskan, bahwa PEMILU.AI dibangun atas kerjasama dengan pihak yang sudah berpengalaman dibidang big data. Terkait dengan masalah keamanan dan reliability, platform ini juga sudah mengikuti peraturan yang ada di Indonesia dan sudah memastikan bahwa data yang diolah dari sumber yang legal dan dapat diolah. 

Dengan adanya platform ini diharapkan dapat menjadi terobosan baru yang solutif untuk memberikan kesempatan yang sama bagi calon wakil rakyat, khususnya dalam mengupayakan terwujudnya aspirasi masyarakat lewat pemilu yang berintegritas dan setara. (DAM)