Dirlantas Polda Jateng: Operasi Patuh Berjalan On the Track, Pelanggaran Lalin Menurun Drastis

LAN • Thursday, 13 Jul 2023 - 23:40 WIB

Semarang - Empat hari berjalan, Operasi Patuh Candi 2023 menunjukkan hasil signifikan. Disamping meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan kelengkapan kendaraan sesuai standard, Polda Jateng mencatat pelanggaran lalu lintas menurun cukup drastis.

"Hingga hari keempat pelanggaran di jalan raya menurun hampir 20 persen," kata Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho di pantai Tirang, Kota Semarang, Kamis (13/7).

Dirinya berharap tren penurunan pelanggaran ini akan diikuti pula oleh penurunan fatalitas korban kecelakaan di jalan raya.

Sejauh ini, Dirlantas mengklaim operasi Patuh Candi berjalan on the track atau sesuai harapan. Hal ini disebabkan disamping melakukan penegakan hukum di jalan raya, pihaknya juga mengintensifkan edukasi tentang etika berlalu lintas, pada warga masyarakat.

"Polda Jateng mengoptimalkan edukasi pada masyarakat. Selama operasi, ada program mengajar. Dirlantas mengajar, kasat lantas mengajar. Sasarannya siswa SD, SMP, SMA sampai mahasiswa," terangnya

"Harapannya bila ada etika akan tumbuh kepatuhan, sehingga dalam jangka panjang berdampak pada penurunan fatalitas korban di jalan raya," tambah Dirlantas.

Dari evaluasi yang berjalan, papar Dirlantas, selama operasi pelanggaran terbanyak didominasi pengendara tanpa helm, pengendara mobil tak bersabuk pengaman, melanggar marka, pengendara melawan arah.

Sedangkan pelanggaran mobil dan motor tanpa nopol dan kebut-kebutan menurun secara drastis.

"Sudah hampir tidak kelihatan saat ini," cetusnya.

Terkait penindakan melalui ETLE, dirinya mengungkap pihaknya sudah menyiapkan perangkat elektronik tersebut di 35 polres seluruh Jateng sehingga mendukung pelaksanaan operasi secara optimal.

"Untuk ETLE statis 30, etle handheld sekitar 700. Semua polres ada ETLE statis dan punya banyak ETLE handheld sehingga sangat mudah digunakan untuk penegakan hukum," tegasnya. (APb)