Tren Elektabilitas Ganjar Kembali Meningkat pada Juli 2023

LAN • Tuesday, 11 Jul 2023 - 20:14 WIB

Jakarta - Ganjar Pranowo kembali menunjukkan tren kenaikan elektabilitas atau tingkat keterpilihan masyarakat yang cukup pesat pada bulan Juli 2023 ini.

Hal ini terpotret dalam hasil survei yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI). Direktur Eksekutif LSI, Dyajadi Hanan menyampaikan bahwa elektabilitas Ganjar sempat mengalami penurunan sejak bulan Januari hingga April 2023 kemarin di dalam surveinya.

"Masalahnya adalah Ganjar mulai naik lagi. Tapi belum kembali ke tingkat dukungan ke pada Januari dan Februari 2023," kata Djayadi dalam paparan hasil surveinya secara daring, Selasa (11/7/2023).

Dalam data terkait tren elektabilitas yang dimiliki LSI, elektabilitas Ganjar sempat berada di peringkat teratas pada bulan Januari dan Februari 2023 kemarin. Pada bulan Januari, elektabilitas mencapai 36,5 persen dan Februari sebesar 35 persen. Di sisi lain, Djayadi mengungkap jika elektabilitas Prabowo terus mengalami peningkatan dari setiap periode surveinya. Sebaliknya, tren yang berbeda justru harus dirasakan Anies Baswedan. "Anies Cenderung mengalami penurunan," ujarnya. Survei LSI dilakukan pada tanggal 1-8 Juli 2023 dengan motode wawancara melalui sambungan telepon dengan responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dalam data terkait tren elektabilitas yang dimiliki LSI, elektabilitas Ganjar sempat berada di peringkat teratas pada bulan Januari dan Februari 2023 kemarin. Pada bulan Januari, elektabilitas mencapai 36,5 persen dan Februari sebesar 35 persen.

Di sisi lain, Djayadi mengungkap jika elektabilitas Prabowo terus mengalami peningkatan dari setiap periode surveinya. Sebaliknya, tren yang berbeda justru harus dirasakan Anies Baswedan.

"Anies Cenderung mengalami penurunan," ujarnya.

Survei LSI dilakukan pada tanggal 1-8 Juli 2023 dengan motode wawancara melalui sambungan telepon dengan responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.