Banyak Tantangan Selama Berhaji, Mukimah: Justru itu Ujiannya

MUS • Thursday, 6 Jul 2023 - 20:16 WIB
Mukimah (kiri) dan kakaknya. Foto: MCH

Jeddah - Ibadah haji adalah momentum menguji kesabaran dan keikhlasan. Hal ini diresapi betul oleh Mukimah (53), jemaah paruh baya dari kloter 3 Jakarta-Pondok Gede (JKG). 

Meski menghadapi banyak tantangan, Mukimah sangat menikmati perjalanan spiritualnya selama di Tanah Suci. 

"Kayak kemarin di Arafah tidak ada air, makanan terlambat, itu biasa. Memang ujiannya di situ, bisa sabar nggak kita. Hakikat di Arafah itu sabar, banyak berdoa. Kalau kita nikmati, ya enak-enak saja," kata Mukimah saat ditemui di bandara Jeddah, jelang kepulangannya ke Indonesia (4/7). 

BACA JUGA: Kepulangan Jemaah Gelombang Pertama, Sejumlah Penerbangan Alami Delay

BACA JUGA: Pulang ke Tanah Air Tanpa Suami Tercinta, Soejantini: Saya Ikhlas

Soal fasilitas selama di hotel, ia juga tak punya keluhan sama sekali. "Hotel enak. Kalau makanannya kita ngikutin saja, karena memang sudah diatur buat kesehatan," ucap Mukimah dengan enteng. 

Selama di Makkah, Mukimah berkali-kali menyempatkan diri mengunjungi Masjidil Haram, menghabiskan waktu untuk tawaf dan berinteraksi dengan umat Islam dari penjuru dunia. 

"Bahagia saya ke Harom (Masjidil Haram), bisa ketemu orang Islam sedunia ketika tawaf. Nggak takut nyasar, tiap kesini beberapa kali disapa petugas Indonesia," ujarnya. 

Mukimah kini kembali ke tanah air, sambil memendam harapan berikutnya. "Ingin balik lagi bareng keluarga," harap dia. (Mus)