Datangi PN Jaksel, RI2 Minta Hakim Tolak Praperadilan Hasbi Hasan 

AKM • Wednesday, 5 Jul 2023 - 13:46 WIB

Jakarta - Puluhan massa dari Rumah Ispirasi Indonesia (RI2) melakukan aksi unjuk rasa mendesak hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak permohonan praperadilan Sekretaris Mahkamah Agung nonaktif Hasbi Hasan sesuai dengan fakta perkara yang tengah diperiksa oleh KPK.

Pada aksinya juga RI2 mendukung KPK dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi serta mafia peradilan.

"Kami mendesak KPK untuk segera menahan Sekretaris MA Hasbi Hasan agar tak mengganggu proses pemeriksaan perkara dugaan suap," tegas Adam Rumbaru Koordinator aksi dalam peryataan sikapnya yang dibacakan pada aksi, Rabu (5/7/2023). 

Adam juga meminta Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan hakim agar tetap bersikap independen, tanpa intervensi atau pengaruh dari pihak manapun. 

"Kami juga mendesak MA untuk memberhentikan Hasbi Hasan dari jabatannta agar persidangan dapat berjalan tanpa intervensi," ujar dia. 

Sebagai informasi, KPK telah menetapkan Hasbi Hasan sebagai tersangka kasus dugaan pengurusan perkara di MA yang juga menyeret Hakim Agung Gazalba Saleh dan Sudrajad Dimyati. Meski sudah berstatus sebagai tersangka, namun sampai saat Hasbi Hasan tak kujung ditahan. 

"Jika tersangka tidak ditahan, dan tidak ditindaklanjuti oleh KPK, maka kami yakin kepercayaan masyarakat terhadap KPK bisa menurun," kata Adam.  

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No, 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) menyatakan ketika seorang PNS berstatus sebagai tersangka dan ditahan, aparat penegak hukum dapat mengintruksikan kepada pejabat pembina kepegawaian untuk memberhentikan sementara pejabat tersebut.

"Kami dari Rumah Inspirasi Indonesia menilai ada perlakuan istimewa terhadap Hasbi Hasan dalam proses hukum di KPK dibandingkan dengan tersangka lainnya," tutupnya.