Usung Tema Transformasi Digital, Rektor UGM Buka Rangkaian Kegiatan Dies Natalis ke-74

MUS • Friday, 23 Jun 2023 - 18:43 WIB

Yogyakarta - Peringatan Dies Natalis ke-74 UGM tahun ini mengusung tema Transformasi Digital: Harmonisasi Inovasi dan Kemanusiaan. Rangkaian kegiatan akan diselenggarakan sebagai  bagian dari peringatan dies natalis, dimulai dari upacara pembukaan Jumat (23/6) di Balairung hingga acara puncak pada tanggal 19 Desember mendatang.

Pembukaan dies natalis kali ini diikuti oleh ribuan civitas dan diramaikan dengan kegiatan olahraga bersama, pembentukan formasi UGM oleh para peserta, kontes busana, dan acara hiburan. Pada kesempatan ini juga dilakukan peluncuran Data-mart dan e-Mall UGM serta buku Capaian Kepemimpinan Satu Tahun Rektor UGM. 

“Kita berharap semua kemajuan yang kita coba untuk ikuti bersama, yang merupakan tantangan kita bersama, itu tidak menghilangkan sisi-sisi kemanusiaan, justru akan membuat kita semakin kokoh, semakin mampu berkarya dan menebar kemanfaatan bagi masyarakat luas,” kata Rektor.

Selain civitas UGM, kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan dari sejumlah mitra UGM beserta masyarakat sekitar UGM. Pada kesempatan ini ia mengajak civitas UGM dan para mitra untuk bergerak bersama bagi kemajuan UGM. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi. Mari kita semua yang mencintai UGM bergerak untuk kejayaan Universitas Gadjah Mada,” ucapnya.

Terdapat sejumlah hal unik dalam pembukaan Dies Natalis kali ini. Seremoni pembukaan melibatkan pengibaran banner oleh tiga buah drone yang diterbangkan di atas halaman Balairung UGM. Salah satu drone yang digunakan adalah drone yang dikembangkan oleh tim Gamaforce UGM. 

Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis ke-74 UGM, Prof. Selo, MT., Ph.D., menerangkan bahwa harmonisasi inovasi dan kemanusiaan menjadi isu yang menarik untuk diangkat di tengah era revolusi industri 4.0. 

“Revolusi industri mestinya tidak melunturkan kemanusiaan. Harapannya perayaan Dies Natalis memberi momentum khusus yang berkesan tidak hanya bagi komunitas akademis tetapi juga para mitra, memperkuat kita mendhadapi tantangan besar dalam menyeimbangkan inovasi dan nilai-nilai kemanusiaan,” paparnya.

Selo menerangkan, berbagai kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan Dies Natalis kali ini, mulai dari kompetisi seni dan olahraga hingga rangkaian webinar. “Rangkaian acara ini akan mulai diselenggarakan sejak hari ini, dan ditutup nantinya dengan rapat terbuka di tanggal 19 Desember,” ungkapnya. (Yof)